Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khatib Jumat Berhadats Di Tengah Khutbah, Apa Yang Mesti Dilakukan?

 

Yurifa Iqbal


Diantara fiqih shalat Jumat yang harus dipahami oleh khatib Jumat adalah apa yang mesti dia lakukan ketika berhadats atau batal wudhu. 

Berikut keterangan ringkas terkait bahasan ini berdasarkan fiqih madzhab Imam Asy Syafi'i.

Di dalam kitab 

بشرى الكريم بشرح مسائل التعليم

halaman 393 disampaikan :

فإن سبقه .. تطهر واستأنف وإن قرب الفصل؛ لأن الخطبة تشبه الصلاة، أو نائبة عنها

Jika khatib berhadats di tengah-tengah khutbah maka dia harus bersuci lagi dan memulai khutbah Jum'at dari awal meskipun jedanya hanya sebentar, alasannya karena khutbah Jum'at menyerupai shalat atau pengganti shalat.

Kemudian dalam kitab

مؤنس الجليس بشرح الياقوت النفيس في مذهب ابن إدريس 

juz 1 halaman 362 disampaikan :

الطهارة للخطيب ابتداء و دواما عن الحدثين الأصغر و الأكبر 

Syarat sah khutbah Jum'at adalah sucinya khatib dari hadats kecil serta hadats besar sejak awal dan berkesinambungan.

فمن ابتدأ الخطبة محدثا أو أحدث في أثنائها لم تصح خطبته

Siapapun yang memulai khutbah dalam keadaan berhadats atau berhadats di tengah-tengah khutbah maka khutbah dihukumi tidak sah (batal).

و يلغو ما فعله قبل طرو الحدث سواء سبقه الحدث أو لا تطهر و عاد عن قرب أو لا، فيجب استئناف الخطبة بعد طهارته و لا يجوز البناء على ما فعل

Maka menjadi batal apa-apa yang telah dilakukan sebelum munculnya hadats, baik keluarnya hadats tidak disengaja ataupun disengaja, baik dia segera bersuci dan kembali dalam waktu dekat ataupun dalam waktu lama, maka dalam hal ini khutbah Jum'at wajib diulangi kembali dari awal setelah khatib bersuci, tidak boleh melanjutkan khutbah atas apa yang telah dilakukan sebelum khatib berhadats.

Lalu bagaimana jika khatib Jumat berhadats diantara 2 khutbah? Atau berhadats setelah melakukan 2 khutbah namun sebelum ditunaikan shalat Jumat?

Masih dalam kitab dan halaman yang sama disampaikan :

إن تطهر و عاد عن قرب صحت الخطبة و جاز له بناء الخطبة الثانية على الأولى و بناء الصلاة على الخطبتين

Jika khatib segera bersuci dan kembali dalam waktu dekat maka khutbah Jum'at dihukumi sah, dan khatib boleh melanjutkan ke khutbah kedua dalam kasus berhadats diantara 2 khutbah dan boleh melanjutkan ke shalat Jumat dalam kasus berhadats setelah melakukan 2 khutbah namun sebelum ditunaikan shalat Jumat.

وإن عاد بعد طول الفصل بطلت الخطبة و وجب إعادتها

Dan jika khatib kembali setelah jeda waktu yang lama maka khutbah Jum'at dihukumi batal alias tidak sah, sehingga wajib diulangi kembali.

Demikian pembahasan ringkas terkait hal ini. Semoga bermanfaat.

والله تعالى أعلم بالصواب