Status Air Mustakmal Menurut 4 Madzhab
Yurifa Iqbal
Secara ringkas penjelasan air mustakmal menurut 4 madzhab dapat kita jumpai diantaranya dalam syarah kitab
المحرر في الحديث
yang diampu oleh Syaikh Doktor Sayyid Murad.
Penjelasan air mustakmal menurut 4 madzhab ini secara ringkas tentu juga dapat kita jumpai dalam kitab-kitab fiqih perbandingan madzhab.
Syaikh Doktor Sayyid Murad menjelaskan hukum air mustakmal menurut 4 madzhab sebagai berikut :
الماء المستعمل عند الحنفية: هو الماء الذي أزيل به حدث، أو استعمل في البدن على وجه القربة كالوضوء بنية التقرب، أو لإسقاط الفرض، ويصير الماء عندهم مستعملًا بمجرد انفصاله عن البدن
Air mustakmal menurut Hanafiyah adalah air yang digunakan untuk menghilangkan hadats atau air yang digunakan untuk membasuh tubuh dalam rangka bertaqarrub (mendekat) kepada Allah seperti wudhu dengan niat taqarrub (mendekat) kepada Allah atau dalam rangka menggugurkan kewajiban, menurut Hanafiyah status air berubah menjadi mustakmal dengan semata-mata berpisahnya air dari tubuh.
عند المالكية: هو ما استعمل في رفع حدث أو في إزالة حكم خبث، وهو ما تقاطر من الأعضاء أو اتصل بها أو انفصل عنها، وكان المنفصل يسيرًا أو غَسَل عضوه فيه
Air mustakmal menurut Malikiyah adalah air yang digunakan untuk mengangkat hadats atau menghilangkan najis yakni air yang telah jatuh menetes dari anggota tubuh, atau air masih ada di anggota tubuh (telah sampai di anggota tubuh), ataupun telah terpisah dari anggota tubuh dan air yang terpisah jumlahnya sedikit, atau setelah membasuh tubuh.
وعند الشافعية: هو الماء القليل المستعمل في فرض الطهارة عن حدث كالغسلةِ الأولى فيه، أو في إزالة نجس عن البدن أو الثوب، بخلاف المستعمل في نفل الطهارة كالغسلةِ الثانية والثالثة
Air mustakmal menurut Syafiiyah adalah air sedikit yang telah digunakan untuk fardhu thaharah dari hadats seperti basuhan pertama ketika menghilangkan hadats, atau telah digunakan untuk menghilangkan najis dari anggota tubuh atau pakaian, lain halnya air yang telah digunakan untuk sunnah thaharah seperti basuhan kedua dan ketiga yang tidak dihukumi mustakmal.
وعند الحنابلة: هو الماء اليسير المستعمل في طهارة واجبة كرفع حدث وغسل ميت
Air mustakmal menurut Hanabilah adalah air sedikit yang telah digunakan untuk thaharah yang hukumnya wajib, seperti mengangkat hadats dan juga memandikan mayat.
Itulah definisi ringkas air mustakmal menurut 4 madzhab fiqih. Lalu bagaimana status air mustakmal ini menurut 4 madzhab?
واختلف الفقهاء في حكم الماء المستعمل المذكور وصفه على ثلاثة أقوال
Para fuqaha berbeda pendapat terkait status hukum air mustakmal yang gambarannya telah dideskripsikan sebelumnya. Ada 3 pendapat :
القول الأول: الماء المستعمل نجس، وهو رواية عن أبي حنيفة، وقول لأبي يوسف
1. Pendapat pertama : air mustakmal dihukumi najis, ini adalah satu riwayat dari Imam Abu Hanifah serta merupakan pendapat Imam Abu Yusuf.
القول الثاني: الماء المستعمل طاهر مطهر لكن يكره استعماله في رفع الحدث، لا في إزالة الخبث، إن كان يسيرًا لا كثيرًا ووجد غيره، وهو قول المالكية
2. Pendapat kedua : air mustakmal dihukumi suci dan mensucikan akan tetapi makruh digunakan untuk mengangkat hadats, namun tidak makruh apabila digunakan untuk menghilangkan najis, makruh ketika airnya sedikit sehingga tidak makruh jika airnya banyak, makruh juga apabila ada air lain yang bukan air mustakmal, ini merupakan pendapat Malikiyah.
القول الثالث: الماء المستعمل طاهر غير مطهر، وهو الرواية المشهورة عن أبي حنيفة، وقول محمد بن الحسن، ومعتمدُ مذهب الحنفية وعليه الفتوى عندهم، وهو معتمد مذهب الشافعية والحنابلة
3. Pendapat ketiga : air mustakmal dihukumi suci namun tidak mensucikan, ini adalah riwayat yang masyhur dari Imam Abu Hanifah, juga pendapat Imam Muhammad bin Al Hasan, pendapat mu’tamad (yang menjadi sandaran, resmi, official) dan yang difatwakan dalam madzhab Hanafiyah, serta pendapat mu’tamad madzhab Syafiiyah & Hanabilah.
Demikian pembahasan ringkas terkait air mustakmal ini menurut 4 madzhab. Semoga bermanfaat.
الله تعالى أعلم بالصواب