Mempercepat Penunaian Kewajiban Zakat Harta Yang Telah Mencapai Nishob Sebelum Sempurnanya Haul
Yurifa Iqbal
Diantara kaum muslimin ada yang ingin menunaikan kewajiban zakat hartanya di bulan Ramadhan mengingat bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan.
Pembahasan yang berkaitan dengan mempercepat penunaian kewajiban zakat harta ini dalam bab zakat dinamakan (تعجيل الزكاة).
Jika seorang Muslim mempercepat penunaian zakat harta sebelum mencapai nishob, maka para ulama telah ijma (konsesus dan sepakat) hukumnya tidak boleh. Dimana Imam An Nawawi, Imam Al Baghawi, Imam Ibn Qudamah, dan Imam Al Qarafi telah menukil ijma ketidakbolehan tersebut.
Adapun jika suatu harta telah mencapai nishob dan disyaratkan adanya haul, maka zakat mal boleh ditunaikan sebelum sempurnanya hitungan haul berdasarkan pendapat madzhab jumhur : Al Hanafiyah, Asy Syafiiyah, Al Hanabilah.
Namun perlu dipahami bahwa terdapat beberapa syarat agar penunaian kewajiban zakat harta yang dipercepat atau disegerakan ini bisa dihukumi sah. Sebagaimana keterangan yang disampaikan oleh Dar Al Ifta Yordania. Syaratnya :
1. أن يكون النصاب موجودا في ملك المزكي عندما عجل الزكاة، فلا يصح تعجيلها قبل ملك النصاب
Sudah terwujud nishob zakat pada harta milik muzakki ketika dia mempercepat penunaian kewajiban zakat harta, maka tidak sah jika penunaian kewajiban zakat dipercepat sebelum harta mencapai nishob.
2. أن يكون التعجيل عن عام واحد، فلا يجوز تعجيل الزكاة عن أكثر من عام؛ لأن العام الثاني لم يبدأ بعد، فصار كتعجيل الزكاة قبل وجود النصاب
Penunaian kewajiban zakat harta yang dipercepat ini hanya untuk satu tahun hijriah saja, maka tidak boleh mempercepatnya lebih dari satu tahun, karena tahun kedua sama sekali belum ada sehingga jika itu dilakukan sama saja dengan mempercepat penunaian kewajiban zakat harta sebelum mencapai nishob!
3. يشترط لصحة تقديم الزكاة أن يبقى مالك النصاب أهلا لوجوب الزكاة إلى آخر الحول، وذلك ببقائه حيا، وبقاء ماله نصابا
Syarat lain agar penunaian kewajiban zakat harta yang dipercepat ini dihukumi sah adalah pemilik harta yang telah mencapai nishob tetap layak terkena kewajiban zakat sampai akhir haul yang ditandai dengan tetap hidupnya dia (alias belum wafat) serta hartanya masih mencapai nishob zakat.
4. أن يكون القابض للزكاة المعجلة مستحقا لها عند تمام الحول، فلو مات لم يحسب المدفوع له زكاة، وكذا لو استغنى بغير الزكاة - كأن ورث مالا أو وهب له مال فلم يعد فقيرا ولا مسكينا- لا يعتبر ما دفع إليه زكاة
Penerima zakat harta yang dipercepat penunaiannya ini tetap menjadi orang yang layak menerima zakat ketika sempurnanya hitungan haul, seandainya penerima zakat harta yang dipercepat ini mati sebelum sempurnanya hitungan haul, maka harta yang diserahkan tadi tidak teranggap sebagai zakat, demikian pula jika dia menjadi kaya bukan karena harta zakat - semisal dia menjadi kaya karena menerima warisan harta atau dia diberi hibah harta sehingga dia tidak lagi berstatus faqir dan bukan miskin - maka zakat harta yang dipercepat yang telah ditunaikan tidak teranggap sebagai zakat.
Lalu jika tidak teranggap sebagai zakat teranggap sebagai apa? Disampaikan :
فإن لم تنطبق هذه الشروط فالمال المدفوع صدقة مستحبة يؤجر عليها، ولا يحتسب من الزكاة
Jika syarat-syarat tersebut ada yang tidak terpenuhi, maka harta yang telah ditunaikan tersebut teranggap sebagai sedekah sunnah yang tentu saja akan diganjar pahala oleh Allah, namun sama sekali tidak teranggap sebagai harta zakat.
Demikian pembahasan ringkas terkait hal ini. Semoga bermanfaat.
و الله تعالى أعلم بالصواب