Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Di Dalam Shalat Jenazah, Dibaca Pelan Atau Dikeraskan?



 

Yurifa Iqbal

Informasi terkait pembahasan ini dapat kita temui dalam kitab fuqaha kaum muslimin.

Diantaranya dalam kitab madzhab Al Hanabilah 

المغني لابن قدامة

juz 2 halaman 363 disampaikan :

فصل : ويسر القراءة والدعاء في صلاة الجنازة

Pasal : Bacaan Al Fatihah dan doa dalam shalat jenazah dibaca dengan pelan

لا نعلم بين أهل العلم فيه خلافا ، ولا يقرأ بعد أم القرآن شيئا . وقد روي عن ابن عباس أنه جهر بفاتحة الكتاب قال أحمد : إنما جهر ليعلمهم

Kami tidak mengetahui ada perbedaan pendapat diantara ahli ilmu terkait bahasan ini, dan tidak ada bacaan apapun yang dibaca setelah Al Fatihah, dan diriwayatkan dari Ibn Abbas bahwa Ibn Abbas mengeraskan bacaan Al Fatihah, Imam Ahmad menyatakan bahwa Ibn Abbas mengeraskan bacaan Al Fatihah hanyalah dalam rangka mengajari orang-orang.

Sementara dari madzhab Imam Asy Syafi'i dalam kitab

المجموع شرح المهذب مع تكملة السبكي والمطيعي

juz 5 halaman 234 disampaikan :

(وأما)

 الجهر والإسرار فاتفق الأصحاب على أنه يسر بغير القراءة من الصلاة على النبي ﷺ والدعاء واتفقوا على أنه يجهر بالتكبيرات والسلام واتفقوا أيضا على أنه يسر بالقراءة نهارا وفي الليل وجهان ذكر المصنف دليلهما (أصحهما) عند جمهور الأصحاب وبه قطع جماعات منهم أنه يسر أيضا كالدعاء

Adapun mengeraskan bacaan/jahr dan pelan/sirr, maka Ashab ulama Asy Syafiiyah senior telah bersepakat bahwa bacaan dalam shalat jenazah dibaca pelan selain bacaan Al Fatihah, bacaan shalawat nabi Muhammad ﷺ dan doa untuk mayat dibaca dengan pelan, Ashab ulama Asy Syafiiyah senior juga sepakat bacaan takbir dan salam dibaca dengan keras/jahr, mereka juga sepakat bacaan Al Fatihah dibaca pelan/sirr di shalat jenazah siang hari, sementara bacaan Al Fatihah di shalat jenazah malam hari ada 2 wajh (2 pendapat Ashab ulama Asy Syafiiyah senior), mushonnif kitab menyebutkan dalil 2 wajh tersebut, pendapat yang ashoh/terkuat dari 2 wajh menurut jumhur Ashab ulama Asy Syafiiyah senior dan ditegaskan oleh sekelompok ulama dari Ashab Asy Syafiiyah bahwa bacaan Al Fatihah pada shalat jenazah malam hari dibaca dengan pelan sebagaimana bacaan doa. 

Lalu bagaimana dengan bacaan shalawat nabi Muhammad ﷺ? Apakah dibaca dengan keras/jahr atau dibaca pelan?

Di dalam kitab

مغني المحتاج إلى معرفة معاني ألفاظ المنهاج

juz 2 halaman 23 disampaikan :

أما الصلاة على النبي - ﷺ - والدعاء فيندب الإسرار بهما اتفاقا، واتفقوا على أنه يجهر بالتكبير والسلام

Adapun bacaan shalawat nabi Muhammad ﷺ dan bacaan doa maka disunnahkan membaca keduanya dengan pelan/sirr berdasarkan kesepakatan fuqaha madzhab Imam Asy Syafi'i, fuqaha Asy Syafiiyah juga bersepakat bahwa bacaan takbir dan salam pada shalat jenazah dibaca dengan keras/jahr. 

Bahkan bacaan shalawat nabi Muhammad ﷺ dalam shalat jenazah dibaca dengan pelan adalah pendapat 4 madzhab! Di dalam

الموسوعة الفقهية الدرر السنية 

disebutkan :

يسر بالصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم والدعاء، وهذا باتفاق المذاهب الفقهية الأربعة: الحنفية، والمالكية، والشافعية، والحنابلة، وحكي الإجماع على ذلك

Bacaan shalawat nabi Muhammad ﷺ dan doa dibaca dengan pelan, hal ini berdasarkan pendapat 4 madzhab : Al Hanafiyah, Al Malikiyah, Asy Syafiiyah, dan Al Hanabilah, bahkan dihikayatkan terdapat ijma/konsensus terkait hal ini.

Demikian penjelasan ringkas terkait hal ini. 

Kesimpulannya dalam madzhab Imam Asy Syafi'i bacaan Al Fatihah, shalawat nabi Muhammad ﷺ, dan doa untuk mayat di dalam shalat jenazah semuanya dibaca dengan pelan/sirr, adapun salam dan takbir dibaca dengan keras/jahr. 

و الله تعالى أعلم بالصواب