Satu Sapi Gabungan Qurban Yang Hukumnya Sunnah Sekaligus Qurban Wajib, Bisakah?
Yurifa Iqbal
Waktu berjalan berlalu cepat, terhitung mulai hari ini tanggal 12 Juli 2022 telah selesai lah hari tasyriq bagi kaum muslimin yang ber-Idul Adha pada hari Sabtu 9 Juli 2022. Adapun bagi kaum muslimin yang ber-Idul Adha pada hari Ahad tanggal 10 Juli 2022 maka besok adalah hari tasyriq terakhir. Semoga Allah menerima ketaatan kaum muslimin di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah dan hari-hari tasyriq. Aamiin.
Pada link video ini penulis telah menjelaskan secara ringkas terkait hukum qurban yang hukumnya sunnah menjadi wajib ketika ditunjuk.
Qurban Yang Hukumnya Sunnah Menjadi Wajib Ketika Ditunjuk, Adakah Solusi Agar Tidak Menjadi Wajib?
Referensi kitab
الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي
المعتمد في الفقه الشافعي
مؤنس الجليس بشرح الياقوت النفيس في مذهب ابن إدريس
المذاهب الفقهية الأربعة
حاشية الباجوري
مغني المحتاج إلى معرفة معاني ألفاظ المنهاج
روضة الطالبين و عمدة المفتين
بشرى الكريم بشرح مسائل التعليم
الهدية المرضية بشرح و أدلة المقدمة الحضرمية
Katakanlah diantara gabungan 7 orang yang berqurban satu sapi ada yang qurbannya sunnah, dan ada pula yang qurban wajib entah karena bernadzar, atau karena ta'yin alias ditunjuk, atau ja'l udhiyah yang semakna dengan nadzar, atau berqurban atas nama orang yang sudah wafat.
Bisakah satu sapi untuk gabungan qurban sunnah dan qurban wajib dalam madzhab Imam Asy Syafi'i?
Di dalam kitab fiqih madzhab Asy Syafi'iyyah المجموع شرح المهذب juz 7 halaman 45 penerbit Ad Dar Al Alamiyah disampaikan :
يجوز أن يشترك سبعة في بدنة أو بقرة للتضحية سواء كانوا كلهم أهل بيت واحد أو متفرقين أو بعضهم يريد اللحم فيجزئ عن المتقرب وسواء كان أضحية منذورة أو تطوعا هذا مذهبنا وبه قال أحمد وداود وجماهير العلماء إلا أن داود جوزه في التطوع دون الواجب وبه قال بعض أصحاب مالك
Boleh hukumnya gabungan tujuh orang berqurban unta atau sapi, sama saja baik ketujuh orang ini satu keluarga atau beberapa keluarga, atau sebagian orang murni hanya menginginkan daging saja, maka sah qurban orang yang bermaksud taqarrub (mendekat beribadah) kepada Allah baik qurbannya adalah qurban nadzar yang hukumnya wajib maupun qurban yang hukumnya sunnah, dan ini adalah pendapat madzhab kami madzhab Imam Asy Syafi'i, ini juga merupakan pendapat Imam Ahmad, Imam Dawud, dan mayoritas sebagian besar ulama, hanya saja Imam Dawud hanya membolehkan gabungan ini pada qurban sunnah saja tidak pada qurban wajib, yang mana pendapat Imam Dawud ini juga sesuai dengan pendapat sebagian ulama madzhab Imam Malik.
و قال أبو حنيفة إن كانوا كلهم متفرقين جاز وقال مالك لا يجوز الاشتراك مطلقا كما لا يجوز في الشاة الواحدة
Sementara Imam Abu Hanifah berpendapat jika mereka semua (tujuh orang) berasal dari keluarga yang berbeda-beda maka hukumnya boleh, adapun Imam Malik berpendapat tidak boleh gabungan tujuh orang berqurban unta atau sapi secara mutlak sebagaimana juga tidak boleh ada gabungan orang dalam satu qurban kambing.
Hampir mirip dengan penjelasan keterangan diatas, hal ini juga pernah penulis sampaikan dalam link tulisan ringkas berikut ini :
Kemudian masih di kitab yang sama, kitab المجموع شرح المهذب juz 7 halaman 68 yang kutipan ini merupakan matan kitab Al Muhadzdzab disampaikan :
فإن اشترك جماعة في بدنة أو بقرة وبعضهم يريد اللحم وبعضهم يريد القربة جاز لأن كل سبع منها قائم مقام شاة
Jika ada gabungan sekelompok orang berqurban unta atau sapi dimana sebagian orang murni hanya menginginkan daging saja dan sebagian lain berniat taqarrub (mendekat beribadah) kepada Allah, maka hukumnya boleh karena sesungguhnya tiap 1/7 dari qurban unta atau sapi tersebut menempati qurban satu kambing (alias qurban 1/7 unta atau sapi semakna dengan qurban 1 kambing).
Dari keterangan yang disampaikan diatas dapat kita pahami bahwa jika ada tujuh orang yang berqurban sapi dimana niat masing-masing berbeda, ada yang meniatkan qurban wajib dan ada yang meniatkan qurban sunnah, katakanlah ada yang berniat aqiqah, atau ada juga yang hanya menginginkan daging semata. Maka hukumnya diperbolehkan.
Perlu diketahui dalam madzhab Imam Asy Syafi'i untuk qurban wajib seluruh dagingnya, kulitnya, tanduknya, kukunya, bulunya harus disedekahkan kepada faqir miskin dan haram bagi orang yang berqurban untuk memakan daging qurban wajib tersebut. Sehingga untuk sapi yang diantaranya ada satu orang qurban yang hukumnya wajib, maka bagian 1/7 nya harus disedekahkan seluruhnya kepada faqir miskin.
Sementara jika satu kambing yang diqurbankan sebagai qurban wajib, maka seluruh dagingnya wajib disedekahkan kepada faqir miskin.
و الله تعالى أعلم بالصواب