Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puasa Arafah Bertepatan Dengan Hari Jumat Atau Hari Sabtu, Bolehkah?




Yurifa Iqbal


Alhamdulillaah sebentar lagi kaum muslimin akan memperingati Hari Raya Idul Adha. Diantara kaum muslimin ada yang berkesempatan menunaikan ibadah haji, ada juga yang berkesempatan melakukan ibadah udhiyah atau qurban. Tentu tidak semua kaum muslimin bisa menunaikan dua ibadah tersebut. Namun selayaknya bagi kaum muslimin yang belum berkesempatan melaksanakannya untuk tidak berkecil hati. Masih ada satu amalan yang fadhilahnya sangat besar dan bisa dilaksanakan. Amalan itu adalah puasa Sunnah Arafah.

Pada tahun 1443 H ini puasa Arafah akan jatuh pada hari Jumat bagi yang mengambil pendapat wajib terikat dengan rukyat Amir Mekkah, dan hari Sabtu bagi yang mengambil pendapat tidak harus terikat dengan rukyat Amir Mekkah. Lalu bolehkah puasa Sunnah Arafah dilakukan di hari Jumat atau Sabtu?

Terdapat faedah ilmu yang disampaikan oleh Syaikh Doktor Labib Najib salah seorang pakar Fiqih Madzhab Imam Asy Syafi'i. Beliau menyampaikan :

مسألة نافعة : لمن كان يومُ عرفة يصادف يوم الجمعة عنده أو يوم السبت

Bahasan yang bermanfaat : siapa saja yang menjumpai hari Arafah bertepatan dengan hari Jumat atau hari Sabtu.

إذا وافق يوم الجمعة أو السبت عادةً للإنسان بصومه ليوم عرفة أو نحوه فلا كراهة في إفراده

jika hari Jumat atau hari Sabtu waktunya bertepatan & sesuai dengan kebiasaan seorang Muslim berpuasa di hari Arafah atau puasa lainnya, maka tidak ada kemakruhan (hukumnya tidak makruh) jika dia menyendirikan atau mengkhususkan hari Jumat atau Sabtu tersebut dengan puasa.

 قال في تحفة المحتاج: (إنما زالتِ الكراهة بضمِّ غيره إليه كما صح به الخبر، وبصومه إذا وافق عادةً أو نذرًا أو قضاءً كما صح به الخبر في العادة هنا وفي الفرض في السبت؛ لأن صومَ المضموم إليه وفضلَ ما يقع فيه يجبر ما فات منه) اهـ

Di dalam kitab Tuhfatul Muhtaj dijelaskan : hukum makruh menyendirikan atau mengkhususkan Jumat, Sabtu, Ahad dengan puasa tersebut bisa hilang hanyalah dengan menggabungkan puasa yang lain ke hari tersebut sebagaimana yang telah dikabarkan dalam khabar yang shahih, 

Hukum makruh tersebut bisa hilang juga hanya dengan berpuasa pada hari Jumat jika itu bertepatan dengan kebiasaannya, atau dia melakukan puasa nadzar, atau dalam rangka puasa qadha Ramadhan, sebagaimana yang telah dikabarkan dalam khabar yang shahih terkait kebiasaan puasa bertepatan dengan hari Jumat, serta puasa fardhu yang dikerjakan di hari Sabtu.

Dikarenakan puasa sesungguhnya telah digabungkan dengan hari tersebut serta hari Jumat yang bertepatan dengan kebiasaannya berpuasa dimana hal tersebut bisa menutupi kekurangan amalan yang terluput dilakukan oleh seorang hamba.

وعبارة المنهج القويم (ص٤٢٠): (ومحلُّ ذلك - أي: كراهة الإفراد - ما إذا لم يوافق إفراد كلٍ من الأيام الثلاثة - الجمعة والسبت والأحد - عادةً له، وإلا فلا كراهة) انتهى

Kemudian juga terdapat keterangan dalam Al Manhaj Al Qawim halaman 420 : dan kemakruhan menyendirikan/mengkhususkan Jumat, Sabtu, Ahad dengan puasa itu selama memang tidak ada kebiasaan berpuasa pada tiga hari itu yaitu Jumat, Sabtu, dan Ahad, sedangkan jika ada kebiasaan alias sudah terbiasa berpuasa pada tiga hari tersebut maka hukumnya tidak makruh.

Demikianlah pembahasan ringkas terkait hal ini. Dengan membaca faedah ilmu yang disampaikan Syaikh Doktor Labib Najib ini maka puasa Sunnah Arafah yang dikerjakan bertepatan dengan hari Jumat atau Sabtu hukumnya tidak makruh dan tentu saja boleh dilakukan.

Semoga Allah mudahkan kita dalam melakukan amal-amal ketaatan. Aamiin

و الله تعالى أعلم بالصواب