Di Tengah-Tengah Mandi Wajib Menyentuh Kemaluan, Sahkah Mandi Wajibnya?
Yurifa Iqbal
Ini adalah diantara pertanyaan yang pernah ditanyakan oleh kaum muslimin. Jawaban pertanyaan ini terekam dalam link soal jawab ringkas fatwa islamweb.
Link yang dimaksud adalah ini
https://www.google.com/amp/s/www.islamweb.net/amp/ar/fatwa/122475/ Dalam link ini terdapat kutipan :
مس الذكر أو حلقة الدبر في أثناء الغسل لا يبطل الغسل ولكنه إن وقع بعد غسل أعضاء الوضوء فإنه إنما ينقض الوضوء فتجب إعادته بعد الغسل
Menyentuh kemaluan atau dubur ketika sedang melakukan mandi wajib tidak membatalkan mandi wajib akan tetapi jika hal tersebut dilakukan setelah membasuh anggota² tubuh wudhu maka berkonsekuensi membatalkan wudhunya dan wajib atasnya mengulangi wudhu setelah selesai mandi wajib.
قال الشيخ العثيمين: خروج الريح من نواقض الوضوء لا من نواقض الغسل، وعليه، فمن لمس فرجه أو تبول أو أخرج ريحا أثناء غسله فإنه يتم غسله، ويتوضأ بعده
Syaikh Al Utsaimin menyampaikan : kentut adalah diantara pembatal² wudhu dan bukan pembatal² mandi wajib, oleh karena itu siapa saja yang menyentuh kemaluannya atau buang air kecil atau kentut ketika sedang melakukan aktivitas mandi wajib maka dia melanjutkan dan menyempurnakan mandi wajib kemudian setelah selesai mandi wajib dia harus berwudhu.
والغسل إذا كان عن حدث أكبر فإنه يجزئ عن الوضوء، فإذا كان على الإنسان جنابة واغتسل فإن ذلك يجزئه عن الوضوء. لقوله تعالى: وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُباً فَاطَّهَّرُوا. {المائدة:6 }
Jika aktivitas mandi wajib disebabkan oleh hadats besar maka mandi wajib sudah menempati posisi wudhu dalam thaharah (alias sudah mencukupi dan tidak perlu berwudhu). Maka ketika seorang Muslim mengalami junub dan kemudian dia mandi wajib maka mandi wajib tersebut sudah mencukupi dari wudhu dan dia tidak perlu berwudhu berdasarkan firman Allah dalam surat Al Maidah ayat 6 : jika kalian dalam keadaan junub maka lakukan aktivitas bersuci/thaharah.
ولا يجب عليه أن يتوضأ بعد الغسل، إلا إذا حصل ناقض من نواقض الوضوء أثناء الغسل أو بعده، فيجب عليه أن يتوضأ للصلاة، وأما إذا لم يحدث فإن غسله من الجنابة يجزئ عن الوضوء سواء توضأ قبل الغسل أم لم يتوضأ
Sehingga tidak wajib berwudhu setelah aktivitas mandi wajib selesai dikerjakan KECUALI jika terdapat HAL-HAL YANG MEMBATALKAN WUDHU saat sedang mengerjakan aktivitas mandi wajib atau setelah selesai mandi wajib, maka dia wajib berwudhu untuk menunaikan shalat, adapun bila dia tidak berhadats maka sesungguhnya mandi wajib sudah mencukupi dari wudhu (yakni tidak perlu lagi berwudhu) sama saja baik sebelum mandi wajib dia berwudhu atau dia sama sekali tidak berwudhu.
Demikianlah kutipan dalam soal jawab islamweb.
Kemudian Syaikh Al Utsaimin dalam kitab مجموع فتاوى ورسائل فضيلة الشيخ محمد بن صالح العثيمين juz 11 halaman 203 juga pernah ditanya terkait bahasan ini. Berikut kutipannya :
إذا مس الإنسان ذكره أثناء الغسل هل ينتقض وضوؤه؟
Jika seseorang menyentuh kemaluannya ketika sedang melakukan aktivitas mandi wajib apakah batal wudhunya?
المشهور من المذهب أن مس الذكر ناقض للوضوء، وعلى هذا فإذا مس ذكره أثناء غسله لزمه الوضوء بعد ذلك، سواء تعمد مس ذكره أم لا
Pendapat yang masyhur dan kuat dalam madzhab Imam Ahmad bin Hanbal bahwa sesungguhnya menyentuh kemaluan membatalkan wudhu, atas dasar ini jika seseorang menyentuh kemaluannya di tengah-tengah aktivitas mandi wajib maka dia wajib berwudhu setelahnya entah dia sengaja menyentuh kemaluannya ataupun tidak disengaja.
والقول الثاني: أن مس الذكر ليس بناقض للوضوء، وإنما يستحب الوضوء منه استحباباً، وهو اختيار شيخ الإسلام ابن تيمية وهو أقرب إلى الصواب، لاسيما إذا كان عن غير عمد لكن الوضوء أحوط
Sedangkan pendapat kedua dalam madzhab Imam Ahmad bin Hanbal menyatakan bahwa menyentuh kemaluan tidak membatalkan wudhu, dan yang disunnahkan hanya berwudhu, inilah pendapat yang dipilih oleh Syaikhul Islam Ibn Taimiyah dan ini lebih tepat apalagi jika menyentuh kemaluannya tanpa sengaja, akan tetapi yang lebih hati-hati adalah tetap berwudhu.
Demikianlah pendapat dalam madzhab Imam Ahmad bin Hanbal.
Bagaimana dengan pendapat dalam madzhab Imam Asy Syafi'i? Ada beberapa kitab Fuqaha Asy Syafi'iyyah yang menjelaskan hal ini.
Di dalam kitab النجم الوهاج في شرح المنهاج juz 1 halaman 399 - 400 cetakan Darul Minhaj disampaikan :
فرع
Cabang pembahasan
إذا أحدث في أثناء غسله.. جاز أن يتمه ولا يمنع الحدث صحته، لكن لا يصلي به حتى يتوضأ، كذا في زوائد (الروضة)
Jika seseorang berhadats (katakanlah dia menyentuh kemaluannya) di tengah-tengah aktivitas mandi wajib, maka dia boleh menyempurnakan mandi wajib sedangkan hadats tidak menghalangi sahnya mandi wajib, akan tetapi DIA TIDAK BOLEH MENUNAIKAN SHALAT DENGAN MANDI WAJIBNYA ITU SAMPAI DIA BERWUDHU, demikian yang disampaikan dalam kitab zawaid ar raudhah.
و حمله في (المهمات) على صورة خاصة، وهي: ما إذا أحدث بعد فراغ أعضاء الوضوء
Dan di dalam kitab al muhimmaat disampaikan ilustrasi dimana seseorang berhadats setelah selesai membasuh anggota wudhu ketika mandi wajib.
Keterangan ini hampir sama dengan keterangan yang ada di dalam kitab مغني المحتاج إلى معرفة معاني ألفاظ المنهاج juz 1 halaman 126 cetakan Darul Makrifah, tentu dengan sedikit tambahan :
تتمة
Pelengkap pembahasan
لو أحدث في أثناء غسله جاز أن يتمه ولا يمنع الحدث صحته، لكن لا يصلي به حتى يتوضأ كما في زوائد الروضة
Jika seseorang berhadats (katakanlah dia menyentuh kemaluannya) di tengah-tengah aktivitas mandi wajib, maka dia boleh menyempurnakan mandi wajib sedangkan hadats tidak menghalangi sahnya mandi wajib, akan tetapi DIA TIDAK BOLEH MENUNAIKAN SHALAT DENGAN MANDI WAJIBNYA ITU SAMPAI DIA BERWUDHU, demikian yang disampaikan dalam kitab zawaid ar raudhah.
وهو محمول كما قال الإسنوي على ما إذا أحدث بعد فراغ أعضاء الوضوء، أما قبل الفراغ فيأتي ببقية أعضاء الوضوء مرتبة ولا يحتاج إلى استئنافه
Hal ini dimaknai sebagaimana pendapat yang dikemukakan Imam Al Isnawi ketika seseorang berhadats setelah selesai membasuh anggota wudhu, adapun jika berhadats sebelum anggota wudhu terbasuh seluruhnya maka dia meneruskan wudhu & membasuh anggota wudhu lain yang belum terbasuh secara tertib berurutan dan dia tidak perlu mengulang wudhu dari awal.
Lalu bagaimana caranya agar wudhu tidak batal karena menyentuh kemaluan sehingga setelah mandi wajib bisa langsung shalat? Maka dalam kitab التقريرات السديدة في المسائل المفيدة
yang ada di juz 1 halaman 121 - 122 cetakan Darul Ulum Al Islamiyah dijelaskan :
مسألة (١): ما العلة في تقديم غسل الفرج بنية رفع الجنابة أو الغسل المسنون عنهما؟
Pembahasan pertama : apa alasan disunnahkan mendahulukan membasuh kemaluan dengan niat menghilangkan janabah atau mandi yang disunnahkan?
لكي لا يحتاج إلى غسلهما ومسهما أثناء غسله فينتقض وضوؤه فيجب عليه أن يتوضأ بعد الغسل
Agar seseorang tidak perlu lagi membasuh kemaluan serta menyentuh kemaluan di tengah-tengah aktivitas mandi wajib yang hal tersebut membatalkan wudhu sehingga wajib atasnya berwudhu setelah selesai mandi wajib.
مسألة (٢): هل يندرج الحدث الأصغر تحت الغسل أم لا؟
Pembahasan kedua : bisakah hadats kecil hilang dengan aktivitas mandi wajib?
الحدث الأصغر يندرج ويرتفع ولو لم ينوه إذا اغتسل غسلا واجبا (كغسل الجنابة) ولم ينتقض وضوؤه أثناء الغسل
Hadats kecil dapat hilang dan terangkat meskipun tidak diniati jika seseorang melakukan aktivitas mandi wajib seperti mandi janabah dan wudhunya tidak batal di tengah-tengah aktivitas mandi wajib.
ولا يندرج ولا يرتفع الحدث الأصغر إذا اغتسل غسلا مسنونا فلا بدّ أن يتوضأ قبل الغسل أو بعده أو في أثناءه مع ملاحظة الترتيب
Dan hadats kecil tidak hilang & tidak terangkat jika dia melakukan aktivitas mandi yang disunnahkan, maka dia harus berwudhu sebelum mandi sunnah atau setelahnya atau di tengah-tengah aktivitas mandi sunnah dengan memperhatikan tertib urutan wudhu.
Perlu diketahui ketentuan batalnya wudhu karena menyentuh kemaluan dalam madzhab Imam Asy Syafi'i. Di dalam kitab الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي رحمه الله تعالى juz 1 halaman 63 Darul Qalam dijelaskan :
٥. مس الفرج نفسه أو من غيره، قبلا أو دبرا، بباطن الكف والأصابع من غير حائل
Pembatal wudhu yang kelima adalah menyentuh kemaluan dirinya sendiri atau kemaluan orang lain, baik kemaluan bagian depan maupun kemaluan bagian belakang, dengan telapak tangan dan jari-jari tangan bagian dalam tanpa penghalang.
Nah demikianlah pembahasan terkait hal ini baik dalam madzhab Imam Ahmad bin Hanbal maupun madzhab Imam Asy Syafi'i.
Semoga bermanfaat.
و الله تعالى أعلم بالصواب