Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Punya Tanggungan Qadha Puasa, Apakah Harus Segera Ditunaikan Atau Boleh Ditunda?

 


Yurifa Iqbal

Suatu nikmat dari Allah saat ini kita telah berada di bulan Syawal 1443 H. Setelah sebulan kita berpuasa Ramadhan tentu kita berharap ketaatan itu tidak berhenti sampai disitu namun terus berlanjut di bulan-bulan berikutnya. Semoga Allah memudahkan kita dalam melakukan amal-amal ketaatan.

Tentu tidak kita pungkiri ada kaum muslimin yang tidak berpuasa Ramadhan apapun itu sebabnya. Lalu berkaitan dengan seorang Muslim yang tidak berpuasa alias berbuka di siang hari bulan Ramadhan ini apakah dia harus segera mengqadha puasa Ramadhan tersebut ataukah boleh untuk ditunda? Begini penjelasan para fuqaha.

Di dalam kitab البيان في مذهب الإمام الشافعي juz 3 halaman 541 disampaikan :

إذا كان عليه قضاء من أيام شهر رمضان. فإن وقت القضاء فيما بينه وبين شهر رمضان الذي بعده، فالمستحب: أن يقضيه في أول ما يمكنه

Jika seseorang memiliki tanggungan qadha beberapa hari puasa Ramadhan, maka sesungguhnya waktu mengqadha puasa Ramadhan tersebut adalah sampai masuk bulan Ramadhan berikutnya, maka dianjurkan untuk mengqadha puasa Ramadhan nya tersebut di awal-awal waktu yang memang memungkinkan nya untuk menunaikan qadha.


Disampaikan di dalam kitab المجموع شرح المهذب juz 6 halaman 365 sebagai berikut :

 إذا لزمه قضاء رمضان أو بعضه فإن كان فواته بعذر كحيض ونفاس ومرض وإغماء وسفر ومن نسي النية أو أكل معتقدا أنه ليل فبان نهارا أو المرضع والحامل فقضاؤه على التراخي بلا خلاف ما لم يبلغ به رمضان المستقبل ولكن يستحب تعجيله

Jika seseorang memiliki tanggungan kewajiban qadha puasa Ramadhan berhari-hari atau di sebagian hari maka apabila tidak berpuasa Ramadhan nya karena ada udzur seperti haid, nifas, sakit, pingsan, safar, lupa berniat puasa Ramadhan, masih makan sahur karena meyakini waktu masih malam ternyata sudah masuk waktu shubuh, ibu menyusui dan wanita yang hamil, qadha puasa Ramadhan nya boleh ditunda atau diakhirkan (على التراخي) tanpa ada perselisihan di antara fuqaha dengan syarat selama belum masuk bulan Ramadhan tahun berikutnya, meskipun tetap dianjurkan untuk menyegerakan qadha puasa Ramadhan.

وإن فاته بغير عذر فوجهان كالوجهين في قضاء الصلاة الفائتة بلا عذر (ارجحهما) عند أكثر العراقيين أنه على التراخي أيضا (والثاني) وهو الصحيح صححه الخراسانيون ومحققوا العراقيين وقطع به جماعات أنه على الفور

Apabila tidak berpuasa Ramadhan nya tanpa ada udzur apapun maka ada dua pendapat sebagaimana dalam pembahasan qadha shalat fardhu yang tidak dikerjakan tanpa ada udzur, pendapat terkuat dari dua pendapat tersebut menurut mayoritas ulama Iraqiyin adalah kewajiban qadha puasa Ramadhan nya bisa ditunda/diakhirkan, sedangkan pendapat lainnya yang merupakan pendapat yang shahih dalam madzhab Imam Asy Syafi'i sebagaimana dishahihkan oleh ulama Khurasaniyin dan para peneliti Iraqiyin serta ditetapkan oleh sekelompok fuqaha madzhab adalah qadha puasa Ramadhan yang tidak dikerjakan tanpa udzur wajib segera dikerjakan tidak boleh ditunda.


Terakhir, mengutip dari kitab بشرى الكريم halaman 562 diterangkan :

(ويستحب) 

فيما فات بعذر (موالاة القضاء) فيه (والمبادرة به)؛ مسارعة لبراءة ذمته. نعم؛ قد يجبان لنحو ضيق وقت، كأن لم يبق من رمضان إلا قدر الأيام التي عليه

Dan dianjurkan berkesinambungan serta bersegera dalam mengqadha puasa Ramadhan jika tidak berpuasa Ramadhan nya tersebut karena ada udzur dalam rangka bersegera menyelesaikan tanggungan qadha puasa Ramadhan. Betul, terkadang berkesinambungan serta bersegera dalam mengqadha puasa Ramadhan hukumnya wajib jika waktunya telah sempit seperti tidak ada hari yang tersisa sampai menuju Ramadhan kecuali sebanyak hari tanggungan qadha puasa Ramadhan yang wajib ditunaikan.


(وتجب) 

المبادرة المستلزمة للموالاة (إن أفطر لغير عذر)؛ ليخرج عن معصية الترك المتعدي به

Dan wajib bersegera menuntaskan kewajiban qadha puasa Ramadhan serta berkesinambungan jika tidak berpuasa Ramadhan nya tanpa ada udzur apapun dalam rangka melepaskan diri dari kemaksiatan yang melampaui batas karena tidak berpuasa Ramadhan tanpa udzur


قال في «الإمداد»: وفي هذه الحالة يلزمه القضاء ولو في السفر ونحوه؛ إذ التخفيف بالتأخير لا يليق بالمتعدي

Dinyatakan dalam kitab Al Imdad : pada kondisi semacam ini (yakni tidak berpuasa Ramadhan tanpa udzur) maka wajib mengqadha puasa Ramadhan nya meskipun dia dalam keadaan safar dan semisalnya, karena keringanan dalam penundaan pelaksanaan qadha puasa Ramadhan tidak layak diberikan kepada orang yang melampaui batas dalam kemaksiatan.


Demikian keterangan dari para fuqaha khususnya Asy Syafi'iyyah terkait pembahasan ini. Dimana kesimpulannya adalah :

1. Siapa saja yang tidak berpuasa Ramadhan nya karena suatu udzur semisal haid, nifas, safar, ibu hamil dan menyusui, dan udzur lainnya, maka boleh menunda atau mengakhirkan qadha puasa Ramadhan sampai batas sebelum masuk bulan Ramadhan berikutnya. Meskipun tetap dianjurkan untuk bersegera mengqadha puasa Ramadhan nya dalam rangka kehati-hatian.

2. Siapa saja yang tidak berpuasa Ramadhan nya tanpa ada udzur apapun maka wajib bersegera dan mendahulukan qadha puasa Ramadhan nya setelah hari raya Idul Fitri. Ini adalah pendapat ulama Khurasaniyin dan para peneliti Iraqiyin serta Imam An Nawawi.

Demikian pembahasan ringkas terkait pembahasan ini. Semoga bermanfaat.

و الله تعالى أعلم بالصواب