Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Safar Wanita Tanpa Mahram (سفر المرأة بدون محرم)


Yurifa Iqbal, S.Si.

Salah satu momen yang ditunggu-tunngu ketika bulan Ramadhan akan berakhir adalah tradisi mudik dan pulang ke kampung halaman. Bertemu dengan orang tua, sanak saudara, dan kerabat. Tentu bahasan mudik ini berkaitan erat dengan fiqih safar. Syariat Islam yang mulia sangat-sangat memperhatikan hal tersebut. Diantara pembahasannya adalah ketika wanita bersafar apakah wajib bersama mahram? Bolehkah wanita bersafar dengan sesama rombongan wanita? Mari kita simak penjelasan ringkas para fuqaha.

Para fuqaha menjelaskan :

الأصل أن لا تسافر المرأة إلا مع ذي محرم لتوافر الأدلة من السنة على ذلك ومنها

Hukum asalnya wanita tidak boleh bersafar kecuali dibersamai mahram atau suami karena banyaknya dalil-dalil dari As Sunnah yang menjelaskannya diantaranya adalah :

عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "لا يحل لامرأة تؤمن بالله واليوم الآخر أن تسافر مسيرة يوم إلا مع ذي محرم"(البخاري 1038،  مسلم 1339)

dari Abu Hurairah dari Rasulullaah Muhammad صلى الله عليه وسلم bersabda : tidak halal bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir bersafar pada jarak perjalanan sehari semalam kecuali wanita tersebut ditemani mahram (dibersamai mahram). Hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim

Kemudian dalam pembahasan ini ada yang disepakati oleh para fuqaha dan ada juga yang diperselisihkan oleh para fuqaha.

اتفق أهل العلم على جواز سفر المرأة بلا محرم للضرورة من بلد الكفر إلى بلد الإسلام، والانتقال من البلد المخوفة إلى حيث البلاد الآمنة

para ahli ilmu/ulama sepakat bahwa wanita boleh bersafar tanpa mahram dalam kondisi darurat alias mendesak dari negeri kufur ke negeri Islam dan berpindah dari negeri yang ditakuti (banyak ketakutan) menuju negeri yang aman dan damai.

واختلفوا في سفرها لحج الفريضة على قولين مشهورين عند أهل العلم

namun ahli ilmu berbeda pendapat terkait hukum safar wanita untuk menunaikan haji yang hukumnya fardhu dimana mereka terbagi menjadi dua pendapat masyhur di kalangan ahli ilmu.

يجوز سفر المرأة بدون محرم لغير ضرورة ولغير حج الفريضة والعمرة الواجبة كالسفر لتجارة أو زيارة أهل ونحو ذلك؟

para fuqaha juga berbeda pendapat boleh kah wanita bersafar tanpa mahram dan tidak dalam kondisi darurat dan tidak pula dalam menunaikan haji yang hukumnya wajib dan bukan menunaikan umrah yang hukumnya wajib? Seperti safar dalam rangka untuk berbisnis? safar dalam rangka mengunjungi keluarga? Dan yang semisal nya?

 ذهب جماهير أهل العلم إلى تحريم سفر المرأة بدون محرم لغير ضرورة وحكى بعضهم الإجماع عليه (حكاه القاضي عياض والبغوي) ولا يصح حكاية الإجماع لثبوت الخلاف قبل ذلك .

pendapat pertama adalah jamahir alias sebagian besar ahli ilmu fuqaha berpendapat haram hukumnya wanita bersafar tanpa mahram dan tidak dalam kondisi darurat dan dihikayatkan oleh sebagian fuqaha adanya ijma fuqaha akan hal ini sebagaimana yang dihikayatkan oleh Qadhi Iyadh dan imam Al Baghawi. Namun tidak diperkenankan adanya klaim ijma disini karena telah valid bahwa terdapat perbedaan pendapat di antara para fuqaha sebelum adanya klaim ijma tersebut.

أدلة الجمهور: تواتر الأدلة العامة على تحريم سفر المرأة بلا محرم ولم تفرق بين أمن الطريق وغيره

Dalil dari jumhur/sebagian besar ahli ilmu fuqaha : dalil-dalil umum yang menjelaskan haramnya safar wanita tanpa mahram statusnya adalah mutawatir dan tidak ada bedanya baik jalan yang ditempuh itu aman atau malah berbahaya.

وذهب آخرون إلى جواز السفر بدون محرم  بشروط يمكن معها أمن الفتنة والضرر، كرفقة نساء وأمن الطريق وغير ذلك وهو مروي عن الحسن البصري ويروى عن الأوزاعي وداود الظاهري وقول عند الشافعية (المجموع 8/342) وهو قول عند الحنابلة اختاره شيخ الإسلام ابن تيمية

fuqaha lain berpendapat bolehnya safar wanita tanpa dibersamai mahram dengan syarat yang memungkinkan bagi wanita tersebut untuk aman dari fitnah dan aman dari bahaya seperti adanya teman atau rekan sesama wanita, amannya jalan yang ditempuh, dan lain-lain. Pendapat ini diriwayatkan dari Al Hasan Al Bashri, juga pendapat yang diriwayatkan dari Imam Al Auzaiy dan Imam Dawud Azh Zhahiri, dan satu qaul (pendapat) dalam madzhab Asy Syafiiyah (kitab Al Majmu 8/342), ini juga merupakan satu qaul dalam madzhab Al Hanabilah, pendapat inilah yang dipilih oleh Syaikhul Islam Ibn Taimiyah.

ونقل النووي في المجموع (8/342): " قال الماوردي: ومن أصحابنا من جوز خروجها مع نساء ثقات، كسفرها للحج الواجب،  قال: وهذا خلاف نص الشافعي،  قال أبو حامد: ومن أصحابنا من قال: لها الخروج بغير محرم في أي سفر كان, واجبا كان أو غيره".

Imam An Nawawi menukil dalam kitab kitab Al Majmu 8/342 : Imam Al Mawardi berkata : diantara Ashab kami fuqaha Asy Syafiiyah ada yang membolehkan wanita keluar bersafar bersama wanita-wanita yang tsiqah alias terpercaya sebagaimana safar wanita dalam rangka menunaikan haji yang hukumnya wajib, dan pendapat ini menyelisihi nash (perkataan) Imam Syafii, Imam Abu Hamid menyampaikan diantara Ashab kami fuqaha Asy Syafiiyah ada yang berpendapat boleh bagi wanita keluar untuk bersafar tanpa dibersamai mahram di safar jenis apapun baik itu safar yang wajib atau bukan wajib.

ولا يجوز في التطوع وسفر التجارة والزيارة ونحوهما إلا بمحرم. وقال بعض أصحابنا: يجوز بغير نساء ولا امرأة إذا كان الطريق آمنًا. وبهذا قال الحسن البصري وداود، وقال مالك : لا يجوز بامرأة ثقة : وإنما يجوز بمحرم أو نسوة ثقات"

dan tidak diperbolehkan wanita bersafar kecuali dibersamai mahram dalam rangka menunaikan haji yang hukumnya sunnah, safar dalam rangka bisnis, dan dalam rangka ziyarah (berkunjung), serta yang semisal dengan bisnis dan ziyarah tersebut, dan sebagian Ashab kami fuqaha Asy Syafiiyah berpendapat hukumnya boleh wanita bersafar tanpa dibersamai rombongan wanita atau satu orang wanita jika jalan yang ditempuh dalam safar aman, inilah pendapat Al Hasan Al Bashri & Imam Dawud, adapun Imam Malik berpendapat wanita tidak boleh bersafar jika hanya dibersamai satu orang wanita yang tsiqah (terpercaya), wanita hanyalah boleh bersafar dengan mahram atau rombongan wanita yang tsiqah (terpercaya).

Demikian pembahasan ringkas terkait hal ini. Semoga bermanfaat.

و الله تعالى أعلم بالصواب