Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keluar Darah Saat Melahirkan



Yurifa Iqbal

Fiqih darah wanita adalah diantara kewajiban agama yang harus dipelajari dan diketahui oleh muslimah. Di dalam kitab الإقناع في حل ألفاظ أبي شجاع juz 1 halaman 249 Penerbit Syirkatul Quds disebutkan :

ويجب على المرأة تعلم ما تحتاج إليه من أحكام الحيض والاستحاضة والنفاس فإن كان زوجها عالما لزمه تعليمها وإلا فلها الخروج لسؤال العلماء بل يجب ويحرم عليه منعها إلا أن يسأل هو ويخبرها فتستغني بذلك

dan wajib atas wanita (istri) mempelajari hal-hal yang diperlukannya berupa hukum-hukum seputar haid, Istihadhah, dan nifas, jika suaminya memahami hukum-hukum haid, Istihadhah, dan nifas ini maka wajib bagi suami untuk mengajarkan istrinya, jika suami tidak memahaminya maka istri tersebut bisa keluar rumah untuk bertanya kepada ulama bahkan hukumnya pun wajib! serta haram atas suami melarang istrinya keluar rumah kecuali jika suami yang keluar rumah untuk bertanya pada ulama kemudian suami mengajarkan istrinya sehingga istri tidak perlu lagi bertanya pada ulama.

Nah, diantara problem yang mungkin sering ditanyakan oleh para muslimah ketika melahirkan adalah apakah darah yang bersamaan keluar bersama bayi atau keluar sebelum melahirkan bayi adalah darah haid atau darah nifas atau darah fasad?

Dalam kitab الإنباء halaman 10 dinyatakan :

ولا يحكم الدم الخارج عند الولادة بحيض إلا إن اتصل بحيض قبله كما هنا

Darah yang keluar manakala muslimah melahirkan bayi tidak dihukumi darah haid kecuali jika darahnya bersambung dengan darah haid sebelumnya.

Kemudian dalam kitab الإبانة و الإفاضة في أحكام الحيض و النفاس و الاستحاضة على مذهب الإمام الشافعي halaman 37 disampaikan :

 أما الدم الخارج قبل الولادة -وهو المسمى بالطلق- فليس بنفاس ، ولا بحيض إلا إن اتصل بحيض قبله ، فإن اتصل بحيض قبله فهو حيض ؛ لما تقدم : أن الأصح أن الدم الذي تراه الحامل حيض

Adapun darah yang keluar sebelum melahirkan bayi -yang dinamakan thalq yaitu sakit dan nyeri waktu hendak melahirkan- bukanlah darah nifas, bukan pula darah haid kecuali jika bersambung dengan darah haid sebelumnya, maka jika bersambung dengan darah haid sebelumnya maka dihukumi darah haid karena sebagaimana yang diketahui bahwa pendapat ashoh dalam madzhab Imam Asy Syafi'i (الأصح, yang paling shahih) sesungguhnya darah yang keluar ketika muslimah dalam keadaan hamil adalah darah haid.

Memang tidak dipungkiri ada perbedaan pendapat di antara Fuqaha 4 madzhab terkait apakah ketika muslimah hamil kemudian keluar darah dihukumi darah haid atau bukan.

Dalam kitab أحكام المرأة الحامل في الشريعة الإسلامية halaman 18 - 19 penerbit Dar An Nafais disampaikan ada dua pendapat : 

الرأي الأول: يرى المالكية و الشافعي في الجديد وهو المعتمد ففي المذهب أن ما تراه الحامل من دم هو حيض تدع له الصلاة

Pendapat pertama : madzhab Al Malikiyah serta pendapat Imam Asy Syafi'i dalam madzhab Jadid (baru) dan ini adalah pendapat mutamad yang dijadikan pegangan dalam madzhab Syafiiyah adalah muslimah hamil yang mengeluarkan darah dihukumi haid dan dia tidak mengerjakan sholat.

الرأي الثاني: يرى الأحناف و الحنابلة أن ما تراه من دم أثناء الحمل ليس بحيض، وإنما هو دم فساد فلا تدع له الصلاة

Pendapat kedua : madzhab Al Hanafiyah dan madzhab Al Hanabilah berpendapat bahwa darah yang keluar ketika masa kehamilan muslimah bukan darah haid melainkan hanya darah fasad dan dia tidak boleh meninggalkan sholat.

Adapun penulis dalam hal ini taqlid kepada madzhab Asy Syafiiyah.

Demikian pembahasan ringkas terkait hal ini. Semoga bermanfaat.

و الله تعالى أعلم بالصواب