Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faedah Ringkas Seputar Puasa Sunnah Asyura Dari Syaikh Doktor Labib Najib حفظه الله تعالى


Penerjemah : Yurifa Iqbal

Dalam tulisan dan video pendeknya di channel YouTube, Syaikh Doktor Labib Najib حفظه الله تعالى menyampaikan sebagai berikut :

مسائل وأحكام تتعلق بصوم يوم عاشوراء

Pembahasan & Hukum-hukum Yang Berkaitan Dengan Puasa Hari Asyura

https://www.youtube.com/watch?v=vAxPmrHSAho

عشرُ مسائل تتعلق بصوم عاشوراء

Sepuluh Pembahasan Yang Berkaitan Dengan Puasa Asyura

1- صوم عاشوراء يكفر ذنوب السنة الماضية، أي: صغائرها

Puasa Asyura menghapus dosa-dosa setahun yang lalu, yaitu dosa-dosa kecil setahun yang lalu.

2- الحكمة من استحباب صيامه شكر الله تعالى الذي نجّى موسى عليه السلام وقومه من فرعون وقومه

Hikmah disunnahkan Puasa Asyura adalah rasa syukur pada Allah yang telah menyelamatkan Nabi Musa 'alaihi Salaam serta kaumnya dari Firaun beserta pasukannya.

3- مراتب الصيام في عاشوراء ثلاث، أفضلها: أن يصوم يومًا قبله وبعده، والثانية: أن يصوم يومًا قبله أو بعده، والثالثة: أن يصومه وحده

Tingkatan puasa Asyura ada 3, yang paling Afdhal adalah berpuasa Asyura, kemudian juga puasa sehari setelah Asyura dan puasa sehari sebelum Asyura,

Tingkatan yang kedua adalah berpuasa Asyura kemudian berpuasa sehari setelah Asyura atau sehari sebelum Asyura,

dan tingkatan yang ketiga adalah berpuasa Asyura saja.

4- الحكمة من استحباب صوم يومٍ معه: مخالفة اليهود

Hikmah disunnahkan Puasa sehari setelah Asyura atau sehari sebelum Asyura adalah untuk menyelisihi Yahudi.

5- لم يصح في يوم عاشوراء من الأعمال الخاصة إلا الصوم، وورد حديث في استحباب التوسعة على العيال، أخذ به جماهير الفقهاء، أما أحاديث الغسل والتطيب والإكتحال فيه فموضوعةٌ

Tidak diperkenankan melakukan amalan-amalan khusus di hari Asyura kecuali puasa, dan telah disebutkan dalam hadits disunnahkan untuk melapangkan/mencukupi sanak keluarga (التوسعة على العيال), inilah yang dipegang oleh Jumhur Fuqaha, adapun hadits-hadits yang menyebutkan mandi, memakai wangi-wangian, memakai celak mata di hari Asyura, maka itu adalah hadits maudhu alias palsu.

6- أفضل الأشهر للصوم بعد رمضان: الأشهر الحرم، وأفضلها: المحرم، ثم رجب، ثم ذو الحجة، ثم ذو القعدة، وبعد الأشهر الحرم: شعبان

Bulan yang paling afdhol untuk berpuasa setelah bulan Ramadhan adalah puasa di bulan-bulan haram, dan yang paling afdhol adalah puasa di bulan Muharram, kemudian Rajab, kemudian Dzulhijjah, kemudian Dzulqadah, dan setelah bulan-bulan haram adalah puasa di bulan Syaban.

7- لو صام شخص في عاشوراء بنية القضاء وعاشوراء حصل له الثوابان: ثواب الفرض (القضاء) وثواب النفل (عاشوراء)

Jika seseorang berpuasa di hari Asyura dengan niat qadha puasa dan sekaligus puasa Asyura, maka akan mendapatkan dua pahala yakni pahala fardhu (qadha puasa) dan pahala Sunnah (puasa Asyura).

8- يصح صوم عاشوراء بنية من أثناء النهار قبل الزوال؛ لأنَّه صوم نفلٍ

Puasa Asyura hukumnya sah jika diniatkan di pagi hari atau tengah pagi sebelum zawal (bergesernya matahari dari tengah-tengah langit) karena puasa Asyura adalah puasa Sunnah.

9- من فاته صوم يوم عاشوراء سنُّ له قضاؤه، فقد نصَّ فقهاء الشافعية رحمهم الله تعالى على استحباب قضاء الصوم الراتب

Siapa saja yang terluput mengerjakan puasa Asyura, maka disunnahkan untuk mengqadhanya ya, sungguh Fuqaha Asy Syafi'iyyah -semoga Allah merahmati mereka- telah menyatakan bahwa disunnahkan untuk mengqadha puasa yang rutin (الصوم الراتب).

10- الأصل أنَّ المرأة لا تصوم التطوع وزجها حاضرٌ إلا بإذنه، لكن فيما يتكرر كل عام – كعاشوراء – يكفي عدم منعه لها، ولا يشترط إذنه

Hukum asalnya seorang wanita tidak boleh berpuasa sunnah sementara suaminya ada/hadir bersamanya, kecuali sudah ada izin dari suaminya, akan tetapi hal-hal yang berulang setiap tahun seperti Asyura, maka ketika suami tidak melarang istri berpuasa Sunnah Asyura maka itu sudah mencukupi dan tidak disyaratkan ada izin dari suaminya.

 والله أعلم

د.لبيب نجيب