Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terluput Mengerjakan Puasa Sunnah Arafah, Bolehkah Diqadha?




Yurifa Iqbal

Tanggal 9 Dzulhijjah yang lalu sebagian kaum muslimin menunaikan puasa Sunnah Arafah, ada juga yang tidak bisa berpuasa dikarenakan ada udzur semisal haid, atau lupa, atau kelelahan. Karena bisa jadi ada diantara kaum muslimin yang tidak kuat berpuasa Sunnah jika tidak menyantap sahur. Nah jika terluput mengerjakan Puasa Sunnah Arafah apakah boleh untuk Diqadha? Mengingat fadhilahnya sangat besar. 

Mari kita coba baca pendapat ahli Fiqih Madzhab Imam Asy Syafi'i. Diantaranya kitab حاشية الجمل على شرح المنهج juz 1 halaman 492-493 dan juga kitab حاشية البجيرمي على شرح المنهج juz 1 halaman 283. Serta sedikit keterangan dalam kitab التقريرات السديدة في المسائل المفيدة juz 1 halaman 436. Semua kitab ini versi pdf.

Dalam kitab kitab حاشية الجمل على شرح المنهج juz 1 halaman 492-493 dijelaskan sebagai berikut :

هل يقضى النفل من الصوم أيضا إذا فاته كيوم الاثنين ويوم عاشوراء؟ فيه نظر وينبغي أن يندب القضاء أخذا من عموم ندب قضاء النفل المؤقت هنا ونقل عن الشبشيري خلافه معللا له بأن له معاني، وقد فاتت اهـ وفيه أيضا وقفة ثم رأيت في سم على  شرح البهجة عند قول المصنف وصوم الخميس والاثنين ما نصه وفي فتاوى الشارح أنه إذا فاته صوم مؤقت أو اتخذه وردا سن قضاؤه اهـ وهو يفيد طلب القضاء مطلقا فلا يتقيد بقضاء صوم يوم الخميس والاثنين وست من شوال إذا فات ذلك

Apakah puasa Sunnah diqadha juga jika terluput dikerjakan seperti puasa Sunnah Senin dan puasa Sunnah Asyura? Harus dilihat, dan semestinya disunnahkan/dianjurkan untuk mengqadhanya karena mengamalkan keumuman anjuran mengqadha amalan Sunnah Muaqqat (waktunya telah ditentukan), dan dinukil dari Al Allaamah Asy Syabsyiriy pendapat yang menyatakan tidak dianjurkan mengqadha dengan alasan amalan Sunnah memiliki maksud-maksud (معللا له بأنه له معاني) dan ini telah luput tidak dikerjakan, dan juga ada keraguan, kemudian saya melihat Al Allaamah Ibnu Qasim Al Abbaadiy dalam Syarah Al Bahjah ketika sampai pada pernyataan mushonnif, puasa Sunnah Kamis dan Senin sebagaimana yang dinyatakan dan dalam Fatawa Asy Syarih bahwasanya jika terluput darinya puasa Sunnah yang telah ditentukan waktunya atau puasa yang sudah biasa dikerjakan sehingga menjadi wirid, maka hukumnya Sunnah untuk diqadha. Dan ini memberikan faedah tuntutan untuk mengqadha secara mutlak, maka tidak terbatas hanya mengqadha puasa Sunnah Kamis atau puasa Sunnah Senin atau puasa Sunnah 6 hari bulan Syawal jika terluput dikerjakan.

اهـ ع ش على م ر"

Al Allaamah Ali Syabramullasiy atas Al Allaamah Syamsu Ramli.

Link web :

وفي حاشية الجمل: هل يقضى النفل من الصوم أيضا إذا فاته كيوم الإثنين ويوم عاشوراء؟ فيه نظر، وينبغي أن يندب القضاء أخذا من عموم ندب قضاء النفل المؤقت هنا، ونقل عن الشبشيري خلافه معللا له بأن له معاني, وقد فاتت.

https://www.islamweb.net/ar/fatwa/227758/%D8%AD%D9%83%D9%85-%D9%82%D8%B6%D8%A7%D8%A1-%D8%B5%D9%88%D9%85-%D9%8A%D9%88%D9%85-%D8%B9%D8%B1%D9%81%D8%A9-%D9%84%D9%85%D9%86-%D8%A3%D9%81%D8%B3%D8%AF%D9%87-%D8%A8%D8%A7%D9%84%D8%B9%D8%A7%D8%AF%D8%A9-%D8%A7%D9%84%D8%B3%D8%B1%D9%8A%D8%A9

Sebagai tambahan, di dalam kitab حاشية البجيرمي على شرح المنهج juz 1 halaman 283 juga dijelaskan sebagai berikut :

"قوله: "وسن قضاء نفل مؤقت" أي: في الأظهر، ومقابله لا يسن كغير المؤقت، اهـ. شرح م ر 

Dan pernyataan disunnahkan untuk mengqadha amalan Sunnah Muaqqat (yang telah ditentukan waktunya) yakni pendapat yang Azhar adalah demikian, sedangkan pendapat Muqabil Azhar (lawannya) adalah tidak disunnahkan untuk mengqadha sebagaimana amalan Sunnah yang tidak ditentukan waktunya. Syarah Al Allaamah Syamsu Ramli

ويستثنى منه سنة الجمعة فلا تقضى؛ لأن الجمعة لا تصح خارج الوقت، فكذا تابعها ومثلُ النفلِ الصومُ المؤقتُ كصوم يوم عرفة

Dan dikecualikan dari ini Sholat Sunnah Jumat, maka tidak boleh diqadha, karena sholat Jumat tidak sah dikerjakan di luar waktu sholat Jumat, demikian pula yang mengikuti sholat Jumat seperti sholat Sunnah Jumat, dan contoh amalan Puasa Sunnah Muaqqat adalah Puasa Sunnah Arafah.

Jadi, jelas dari ibarah kitab حاشية البجيرمي على شرح المنهج juz 1 halaman 283 ini dapat kita pahami bahwa mengqadha puasa Sunnah Arafah hukumnya adalah Sunnah menurut pendapat yang Azhar.

Hanya saja karena saat ini tanggal 11 Dzulhijah, dan sampai tanggal 13 Dzulhijjah masih hari tasyriq, maka puasa yang dikerjakan hukumnya haram dan tidak sah! Jadi harus menunggu selesai hari tasyriq dulu baru bisa mengqadha puasa Sunnah Arafah.

Dalam kitab التقريرات السديدة في المسائل المفيدة juz 1 halaman 436 dijelaskan :

حرام مع عدم الصحة : صوم أيام التشريق و هي يوم ١١، ١٢، ١٣ من شهر ذي الحجة

Puasa yang hukumnya haram dan tidak sah dikerjakan adalah puasa di hari-hari Tasyriq tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah.

Jadi kesimpulannya adalah, tetap disunnahkan untuk mengqadha puasa Sunnah Arafah bagi yang luput mengerjakannya dan dikerjakan setelah hari-hari Tasyriq.

Demikian pembahasan ini. Semoga bermanfaat.

والله تعالى أعلم بالصواب