Binatang Yang Disembelih Memiliki Janin, Bagaimana Hukum Janinnya?
Yurifa Iqbal
Dari gambar tersebut terlihat bahwa hewan yang disembelih ketika Idul Adha yang lalu memiliki janin, yang jadi pertanyaan bagaimana status hukum janin dari hewan yang disembelih tersebut? Halalkah untuk dimakan?
Ada beberapa keterangan dalam kitab-kitab Fiqih (dan juga Qawaid Fiqhiyyah) madzhab Imam Asy Syafi'i diantaranya dalam kitab فتح القريب المجيب halaman 145 penerbit دار الكتب الإسلامية disampaikan :
وذكاة الجنين) حاصلة (بذكاة أمه) فلا يحتاج لتذكيته هذا إن وجد ميتا أو فيه حياة غير مستقرة، اللهم (إلا إن وجد حيا) بحياة مستقرة بعد خروجه من بطن أمه (فيذكى) حينئذ
Penyembelihan janin adalah hasil dari penyembelihan induknya, maka janin tersebut tidak perlu untuk disembelih lagi, ini jika janin tersebut ditemukan dalam keadaan mati atau dalam keadaan hayah ghair mustaqirrah, kecuali jika janin ditemukan dalam keadaan hidup dengan hayah mustaqirrah setelah keluar dari perut induknya, maka ketika itu janin disembelih.
Dalam kitab الإمتاع بشرح متن أبي شجاع halaman 408 penerbit دار المنار disampaikan :
(فرع) ذكاة الجنين :
إذا ذبحت الأنثى من الحيوان فوضعت أو شق بطنها فوجد فيها حيوان ميت فأكله حلال فذبح أمه يعد ذبحا له. أما إذا وجد حيا فقد وجب ذبحه حتى يؤكل، قال رسول الله محمد صلى الله عليه وسلم ذكاة الجنين ذكاة أمه رواه أحمد
Cabang Pembahasan Sembelihan Janin
Jika hewan betina disembelih (dijadikan qurban) kemudian janinnya keluar atau perutnya dibelah dan ditemukan di perutnya janin hewan yang sudah mati, maka janin tersebut halal untuk dikonsumsi karena penyembelihan induk hewan juga mencakup penyembelihan janinnya. Adapun jika janin ditemukan dalam keadaan hidup maka wajib hukumnya untuk disembelih hingga bisa untuk dikonsumsi, Rasulullah Muhammad صلى الله عليه وسلم bersabda dalam hadits riwayat Imam Ahmad : sembelihan janin teranggap dengan penyembelihan induknya.
Dalam kitab المعتمد في الفقه الشافعي juz 2 halaman 597 terbitan دار القلم dijelaskan juga sebagai berikut :
أن ذكاة الجنين تتم بذكاة أمه أي يعتبر ذبح أمه ذبحا له إذا خرج ميتا من بطنها بعد ذبحها
Sesungguhnya penyembelihan janin terwujud dengan sempurna ketika induknya disembelih yaitu ketika induknya disembelih maka sembelihan tersebut juga berlaku untuk janinnya jika janin keluar dari perut induknya dalam keadaan mati alias tidak bernyawa setelah penyembelihan induknya.
أما إن خرج الجنين حيا فلا بد حينئذ من ذبحه، إن تمكنا من ذلك، فإن مات قبل أن يتمكن من ذكاته حل
Adapun jika janin keluar dari perut induknya dalam keadaan hidup maka saat itu janin harus disembelih jika itu memang memungkinkan, adapun jika janin mati sebelum memungkinkan untuk disembelih maka hukumnya halal dikonsumsi.
Masih dalam kitab المعتمد في الفقه الشافعي juz 2 halaman 561 terbitan دار القلم, keterangan yang hampir sama juga disampaikan sebagai berikut :
لأن الجنين لا يمكن ذبحه في بطن أمه، و غالبا ما يموت أثناء ذبحها، فجعل الشرع ذكاة الأم ذكاة له، فإن خرج حيا فيجب ذبحه
Karena sesungguhnya janin tidak mungkin disembelih di perut induknya dan umumnya janin mati ketika induknya disembelih, maka dari itu Syariat menjadikan penyembelihan induk mencakup penyembelihan janin hewan, dan jika janin keluar dalam keadaan hidup maka janin tersebut wajib hukumnya disembelih.
Dalam disiplin ilmu Al Qawaid Al Fiqhiyyah, sebagaimana yang dijelaskan dalam kitab الجواهر العدنية شرح الدرة القديمية نظم القواعد الفقهية halaman 40, ada pembahasan terkait kaidah fiqih التابع تابع (yang mengikuti itu hukumnya sama dengan yang diikuti), dimana dalil dari kaidah fiqih ini adalah sabda Rasulullah Muhammad صلى الله عليه وسلم :
ذكاة الجنين ذكاة أمه
Sembelihan janin teranggap dengan penyembelihan induknya.
Adapun wajhul istidlalnya adalah :
أن البهيمة الحامل إذا ذكيت و خرج جنينها ميتا فإنه يحل أكله تبعا لحل أمه
Sesungguhnya hewan hamil jika disembelih dan ternyata keluar janin dalam keadaan mati maka halal untuk dikonsumsi karena mengikuti halalnya daging induk janin untuk dikonsumsi.
Kemudian dalam catatan kaki dijelaskan :
فتكون ذكاة الأم هي ذكاة الجنين، فلا يحتاج إلى ذبح مستأنف
Maka sembelihan induk juga mencakup sembelihan janin, dan tidak perlu untuk menyembelih janin.
Ketika mengomentari hadits tersebut, penulis kitab المجالس السعيدية في تقرير معاني الدرة القديمية في القواعد الفقهية pada halaman 38 menyampaikan :
على أن ذكاة أم الجنين تكفي عن ذكاته ويؤيد هذا رواية البيهقي : ذكاة الجنين في ذكاة أمه
Sesungguhnya sembelihan induk dari janin mencukupi (sah) pula sembelihan janinnya, dan hal ini diperkuat oleh hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al Baihaqy : sembelihan janin sama dengan sembelihan induknya.
Jadi, kesimpulannya, jika janin keluar dalam keadaan hidup maka janin harus disembelih, sedangkan jika janin keluar dalam kedaaan mati maka hukumnya halal untuk dikonsumsi.
Demikianlah keterangan yang ada dalam berbagai kitab madzhab Asy Syafi'iyyah terkait pembahasan ini. Semoga bermanfaat.
والله تعالى أعلم بالصواب