Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Bersalaman Non Mahram Menurut Perspektif 4 Madzhab


 

Yurifa Iqbal

Alhamdulillaah saat ini kita sudah memasuki tanggal 1 Syawal 1442 H bertepatan dengan hari Kamis tanggal 13 Mei 2021, kaum muslimin merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan gembira. Dan diantara tradisi kaum muslimin di negeri kita adalah mudik, pulang kampung, saling mengunjungi satu sama lain. Tentu di sela-sela kunjungan dan pertemuan tidak jarang diantara kaum muslimin bersalaman atau berjabat tangan. Jika bersalaman antar sesama mahram atau sesama jenis tentu tidak masalah. Lalu bagaimana jika bersalaman lawan jenis non mahram? Bagaimana status hukumnya? Berikut keterangan ahli Fiqih dan disertai kutipan Fuqaha dari 4 Madzhab.

Dalam kitab الفقه الإسلامي و أدلته juz 3 halaman 567 dijelaskan terkait مصافحة المرأة sebagai berikut:

وتحرم مصافحة المرأة، لقوله صلّى الله عليه وسلم: «إني لا أصافح النساء»)

Haram hukumnya bersalaman dengan wanita berdasarkan sabda Nabi Muhammad صلّى الله عليه وسلم : sesungguhnya saya tidak bersalaman dengan wanita

لكن الجمهور غير الشافعية أجازوا مصافحة العجوز التي لا تشتهى، ومس يدها، لانعدام خوف الفتنة، قال الحنابلة: كره أحمد مصافحة النساء، وشدد أيضاً حتى لمحرم، وجوزه لوالد، وأخذ يد عجوز شوهاء

Akan tetapi jumhur Fuqaha selain Syafiiyyah membolehkan bersalaman dengan wanita tua yang sudah tidak disyahwati dan menyentuh tangannya karena tidak khawatir jatuh dalam fitnah, Fuqaha Hanabilah berpendapat Imam Ahmad memakruhkan bersalaman dengan wanita bahkan menekankan sampai ke mahram juga dan Imam Ahmad membolehkan bersalaman dengan wanita bagi orang tua serta bersalaman dengan wanita tua yang buruk rupa

وحرم الشافعية المس والنظر للمرأة مطلقاً، ولو كانت المرأة عجوزاً

Sedangkan Fuqaha Syafiyyah mengharamkan menyentuh (termasuk bersalaman) dan memandang wanita secara muthlaq meskipun kepada wanita yang sudah tua

وتجوز المصافحة بحائل يمنع المس المباشر

Dan hukumnya boleh bersalaman dengan wanita menggunakan suatu penghalang/sekat/sarung tangan yang menghalangi persentuhan kulit secara langsung

 Adapun kutipan dari 4 madzhab Fiqih adalah sebagai berikut, masing-masing satu referensi kitab 

1). Madzhab Al Hanafiyah

تحفة الفقهاء لِعلاء الدين السمرقندي - (ج 3 / ص 333)

وأما المس فيحرم سواء عن شهوة أو عن غير شهوة وهذا إذا كانت شابة فإن كانت عجوزا فلا بأس بالمصافحة إن كان غالب رأيه أنه لا يشتهي ولا تحل المصافحة إن كانت تشتهي وإن كان الرجل لا يشتهي

Adapun menyentuh wanita maka hukumnya haram baik dengan syahwat maupun tidak dengan syahwat, ini jika dengan wanita muda, adapun jika dengan wanita tua maka tidak mengapa bersalaman jika diduga kuat bahwa dia tidak akan bersyahwat, dan tidak halal bersalaman jika wanita tersebut disyahwati meskipun jika laki-lakinya tidak bersyahwat

2). Madzhab Al Malikiyah

حاشية الصاوي على الشرح الصغير - (ج 11 / ص 279)

وَلَا تَجُوزُ مُصَافَحَةُ الرَّجُلِ الْمَرْأَةَ أَيْ الْأَجْنَبِيَّةَ وَإِنَّمَا الْمُسْتَحْسَنُ الْمُصَافَحَةُ بَيْنَ الْمَرْأَتَيْنِ لَا بَيْنَ رَجُلٍ وَامْرَأَةٍ أَجْنَبِيَّةٍ، وَالدَّلِيلُ عَلَى حُسْنِ الْمُصَافَحَةِ مَا تَقَدَّمَ وَقَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِمَنْ قَالَ لَهُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ الرَّجُلُ مِنَّا يَلْقَى أَخَاهُ أَوْ صَدِيقَهُ أَيَنْحَنِي لَهُ قَالَ : لَا .

Dan seorang laki-laki tidak boleh bersalaman dengan wanita asing atau wanita non mahram, hanya saja yang dibenarkan adalah bersalaman antara 2 wanita, bukan bersalaman antara laki-laki dan wanita asing, dan dalil bagusnya bersalaman (kecuali antara laki-laki dan wanita ajnabiyah alias asing) ketika bertemu adalah sabda Nabi Muhammad صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bagi yang bertanya padanya : Wahai Rasulullaah, seorang laki-laki diantara kami bertemu dengan saudaranya atau temannya apakah dia membungkuk (sebagai tanda hormat) kepadanya? Nabi Muhammad صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ menjawab : tidak

3). Madzhab Asy Syafi’iyyah

حاشية البجيرمي على الخطيب – (ج 10 / ص 113)

وَتُسَنُّ مُصَافَحَةُ أَيْ عِنْدَ اتِّحَادِ الْجِنْسِ، فَإِنْ اخْتَلَفَ فَإِنْ كَانَتْ مَحْرَمِيَّةً أَوْ زَوْجِيَّةً أَوْ مَعَ صَغِيرٍ لَا يُشْتَهَى أَوْ مَعَ كَبِيرٍ بِحَائِلٍ جَازَتْ مِنْ غَيْرِ شَهْوَةٍ وَلَا فِتْنَةٍ؛ نَعَمْ يُسْتَثْنَى الْأَمْرَدُ الْجَمِيلُ فَتَحْرُمُ مُصَافَحَتُهُ كَمَا قَالَهُ الْعَبَّادِيُّ ا هـ مَرْحُومِيٌّ .

Dan disunnahkan bersalaman antara sesama jenis (laki-laki dengan laki-laki, wanita dengan wanita), maka jika berbeda jenis (antara laki-laki dan wanita) jika itu sesama mahram atau dengan istri, atau dengan anak kecil yang tidak disyahwati atau dengan orang yang sudah tua dengan memakai penghalang/sarung tangan maka hukumnya boleh selama tidak ada syahwat dan tidak ada fitnah, benar dikecualikan amrad yang ganteng (anak muda yang belum tumbuh jenggotnya), maka haram hukumnya bersalaman dengannya sebagaimana yang dikatakan al allamah al ‘abadiy

4). Madzhab Al Hanabilah

الإقناع في فقه الإمام لأحمد الحجاوي- (ج 1 / ص239)

ولا يجوز مصافحة المرأة الأجنبية الشابة وأن سلمت شابة على رجل رده عليها وإن سلم عليها لم ترده وإرسال السلام إلى الأجنبية وإرسالها إليه لا بأس به للمصلحة وعدم المحذور.

Dan tidak diperbolehkan bersalaman dengan wanita asing alias non mahram yang muda, dan jika wanita asing non mahram yang muda tersebut mengucapkan salam kepada laki-laki, maka dia balas ucapan salam tersebut, dan jika seorang laki-laki mengucapkan salam kepada wanita non mahram yang muda tersebut maka wanita non mahram tadi tidak boleh membalasnya, adapun mengirimkan salam dari laki-laki kepada wanita asing dan wanita asing kepada laki-laki maka tidak mengapa karena adanya kemashlahatan dan tidak adanya larangan

Demikian pembahasan dari Fuqaha 4 Madzhab yang semuanya sepakat bahwa bersalaman antara laki-laki dan wanita non mahram hukumnya adalah haram

والله أعلم