Fatwa Ulama Madzhab Imam Syafii, Melakukan Undian Diantara 2 Perkara Atau Lebih
Yurifa Iqbal
Dalam kehidupan kita, tentu kita pernah atau sering mengalami kebimbangan, kebingungan, dan keraguan. Bisa jadi ada banyak pilihan di hadapan kita yang membuat kita bimbang. Jika kita melakukan undian, entah dengan kancing baju, atau memasukkan beberapa kertas yang dilipat kecil-kecil kedalam sesuatu dan kemudian mengambilnya, atau cara apapun yang dinamakan undian dalam memilih beberapa pilihan, apakah dibenarkan? Bagaimana pandangan Fuqaha Madzhab Imam Syafii? Berikut penjelasannya yang berbentuk soal - jawab.
الاستعانة بالقرعة بين الأمرين او الأكثر لإدراك ما فيه الخير منها
Melakukan undian dalam membantu memilih diantara 2 pilihan atau lebih untuk mengetahui mana yang lebih baik
السؤال : بعض الناس إذا اشتبه عليه الأمران او الأكثر ولا يدري: أيّ منها خير له - حتى اختاره - فيقرع بينها ويعتقد أن ما يظهر في القرعة ففيه الخير له.
وما حكم هذه القرعة ؟
Pertanyaan : sebagian orang jika bimbang terkait 2 atau lebih urusan dan tidak mengetahui mana diantara urusan tersebut yang terbaik untuknya -sampai dia memilihnya- maka dia mengundinya alias memilih dengan cara undian atau lot dan dia meyakini bahwa yang muncul dalam undian tersebut adalah yang terbaik untuknya. Apa hukum undian semacam ini?
الجواب : القرعة ليست طريقة معتمدة لإدراك ما فيه الخير من الأمرين او الأكثر،
Jawaban : undian bukanlah cara yang diakui untuk meraih atau mengetahui perkara yang terbaik dalam 2 atau lebih perkara atau pilihan.
ولا ثبوت أصلا في أن ما يظهر في القرعة ففيه الخير فقط بل يحتمل ان يكون الخير فيما لم يظهر فيها أيضا
Dan sama sekali tidak ada dasarnya ketika yang muncul dalam undian maka itulah pilihan yang terbaik, bahkan bisa jadi/ada kemungkinan yang tidak muncul dalam undian itulah pilihan yang terbaik.
وأما الطريقة الصحيحة للوصول إلى ما فيه الخير من الأمرين او الأكثر فهي صلاة الاستخارة ودعائها فقط
Adapun cara yang benar untuk sampai dalam memilih yang terbaik dari 2 atau lebih perkara/pilihan adalah dengan sholat istikharah dan doa istikharah.
فلهذا قد اهتم رسول الله صلى الله عليه وسلم بتعليمها لأمته اهتماما كثيرا حتى قال جابر رضي الله عنه: ﻛﺎﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻌﻠﻤﻨﺎ اﻻﺳﺘﺨﺎﺭﺓ ﻓﻲ اﻷﻣﻮﺭ ﻛﻠﻬﺎ، ﻛﻤﺎ ﻳﻌﻠﻤﻨﺎ اﻟﺴﻮﺭﺓ ﻣﻦ اﻟﻘﺮﺁﻥ.
ﺻﺤﻴﺢ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ: ﻛﺘﺎﺏ التهجد: ﺑﺎﺏ ﻣﺎ ﺟﺎء ﻓﻲ اﻟﺘﻄﻮﻉ ﻣﺜﻨﻰ ﻣﺜﻨﻰ: برقم: ١١٦٢
Oleh karena itu Rasulullaah صلى الله عليه و سلم betul-betul perhatian dalam mengajarkan sholat istikharah ini kepada umat dengan perhatian yang tinggi sampai-sampai berkata Jabir semoga Allah meridhoinya adalah Rasulullaah صلى الله عليه و سلم mengajarkan istikharah kepada kami dalam setiap perkara sebagaimana juga mengajarkan surat dalam Al Quran kepada kami.
وإذا استخار الإنسان عند الله فيُرشده إلى ما فيه الخير له فلا يشقى في ذلك أبدا، قال النبي صلى الله عليه وسلم: ﻣﻦ ﺳﻌﺎﺩﺓ اﺑﻦ ﺁﺩﻡ اﺳﺘﺨﺎﺭﺗﻪ اﻟﻠﻪ... ﻭﻣﻦ ﺷﻘﻮﺓ اﺑﻦ ﺁﺩﻡ ﺗﺮﻛﻪ اﺳﺘﺨﺎﺭﺓ اﻟﻠﻪ.
أخرجه أحمد في مسنده: برقم: ١٤٤٤
Dan jika seseorang istikharah kepada Allah maka Allah yang menunjukinya kepada pilihan yang terbaik untuknya dan dia tidak akan celaka selama-lamanya. Rasulullaah صلى الله عليه و سلم bersabda : diantara kebahagiaan anak Adam adalah istikharah kepada Allah dan diantara tanda celakanya anak Adam adalah meninggalkan istikharah kepada Allah.
يتبين هنا أنه من اشتبه عليه الامران أو الأكثر ولا يدري: في أيّ منها خير له فيسن له صلاة الاستخارة ودعائها
Jelas disini bahwa barang siapa yang bimbang, bingung untuk memilih 2 atau lebih pilihan dan dia tidak mengetahui mana yang terbaik untuknya? Maka disunnahkan untuk melakukan sholat istikharah dan doa istikharah.
وإن لم يمكن له صلاة الاستخارة فيقول دعاء الاستخارة على الأقل
Adapun jika tidak memungkinkan baginya melakukan sholat istikharah maka paling minimal dia memanjatkan doa istikharah kepada Allah.
يشرح الله قلبه لما فيه الخير له
Agar Allah melapangkan hatinya dari apa yang terbaik untuknya
والله أعلم بالصواب
Adapun Aqwal Fuqaha Madzhab Imam Syafii adalah sebagai berikut :
قال الإمام المناوي رحمه الله معرفا للاستخارة
Pendapat Imam Al Munawi yang mendefinisikan istikharah
ﻭاﻻﺳﺘﺨﺎﺭﺓ ﻃﻠﺐ اﻟﺨﻴﺮﺓ ﻓﻲ اﻷﻣﻮﺭ ﻣﻨﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﺣﻘﻴﻘﺘﻬﺎ ﺗﻔﻮﻳﺾ اﻻﺧﺘﻴﺎﺭ ﺇﻟﻴﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻓﺈﻧﻪ اﻷﻋﻠﻢ ﺑﺨﻴﺮﻫﺎ ﻟﻠﻌﺒﺪ ﻭاﻟﻘﺎﺩﺭ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻫﻮ ﺧﻴﺮ ﻟﻤﺴﺘﺨﻴﺮﻩ ﺇﺫا ﺩﻋﺎﻩ ﺃﻥ ﻳﺨﻴﺮ ﻟﻪ ﻓﻼ ﻳﺨﻴﺐ ﺃﻣﻠﻪ ﻭاﻟﺨﺎﺋﺐ ﻣﻦ ﻟﻢ ﻳﻈﻔﺮ ﺑﻤﻄﻠﻮﺑﻪ
Istikharah adalah meminta yang terbaik dalam berbagai perkara kepada Allah Ta'alaa dan hakikatnya adalah menyerahkan pilihan kepada - NYA YANG MAHA SUCI. Sesungguhnya DIA yang paling MENGETAHUI kebaikan untuk hamba - NYA, dan MAHA KUASA untuk memberikan piliham terbaik bagi orang yang melakukan istikharah kepada -NYA jika seseorang berdoa pada - NYA, maka Allah memberikannya pilihan dan harapannya tidak akan gagal, dimana orang yang gagal adalah orang yang tidak memperoleh apa yang diinginkan.
(فيض القدير: ٥/ ٤٤٢)
قال الإمام النووي رحمه الله
Imam An Nawawi semoga Allah merahmatinya berkata
ﺻﻼﺓ اﻻﺳﺘﺨﺎﺭﺓ ﺳﻨﺔ ﻭﻫﻰ ﺃﻥ ﻣﻦ ﺃﺭاﺩ ﻣﻦ اﻷﻣﻮﺭ ﺻﻠﻰ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﺑﻨﻴﺔ ﺻﻼﺓ اﻻﺳﺘﺨﺎﺭﺓ ﺛﻢ ﺩعا ﺑﻤﺎ ﺳﻨﺬﻛﺮﻩ ﺇﻥ ﺷﺎء اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭاﺗﻔﻖ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻭﻏﻴﺮﻫﻢ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻬﺎ ﺳﻨﺔ... ﺛﻢ ﻳﻨﻬﺾ ﺑﻌﺪ اﻻﺳﺘﺨﺎﺭﺓ ﻟﻤﺎ ﻳﻨﺸﺮﺡ ﻟﻪ ﺻﺪﺭﻩ
Sholat istikharah hukumnya sunnah dan sholat istikharah ini sesungguhnya ketika seseorang ingin memilih satu dari berbagi perkara, maka dia sholat 2 rakaat dengan niat sholat istikharah kemudian berdoa dengan apa-apa yang in syaa Allah Ta'alaa akan kami sebutkan, dan para fuqaha madzhab kami yakni madzhab Imam Syafii dan juga selain mereka telah sepakat bahwa sholat sunnah istikharah hukumnya sunnah, kemudian dia bangkit setelah istikharah manakala hatinya telah lapang (tidak ragu, tidak bimbang, tidak bingung).
(المجموع شرح المهذب: ٤/ ٥٤)
قال الإمام ابن حجر الهيتمي رحمه الله
Berkata Imam Ibnu Hajar Al Haitami semoga Allah merahmatinya
ﻓﺈﻥ ﺗﻌﺬﺭﺕ اﺳﺘﺨﺎﺭ ﺑﺎﻟﺪﻋﺎء ﻭﻳﻤﻀﻲ ﺑﻌﺪﻫﺎ ﻟﻤﺎ ﻳﻨﺸﺮﺡ ﻟﻪ ﺻﺪﺭﻩ
Dan jika tidak memungkinkan, dia beristikharah dengan doa dan setelah itu dia menjalankan atau melaksanakan pilihannya manakala hatinya telah lapang.
قال الشيخ المحشي الترمسي رحمه الله:
Berkata Syaikh At Turmusi semoga Allah merahmatinya.
قوله : (فإن تعذرت) أي: الاستخارة بالصلاة ، أو تعسرت أو لم يردها بها
Maksudnya jika tidak memungkinkan adalah tidak memungkinkan untuk melakukan sholat istikharah atau sulit dalam melakukannya atau tidak beristikharah dengan sholat.
قوله: (استخار بالدعاء) أي : المذكور آنفا إذ تركه الأفضل لا يمنعه من المفضول
Maksud istikharah dengan doa adalah yang tersebut diatas karena meninggalkan yang paling afdhol alias paling utama tidak menghalanginya dari melakukan yang levelnya ada dibawah paling afdhol tersebut.
(المنهاج القويم وحاشية الترمسي: ٣/ ٥٦٧)
العبد سيف الدين المدراسي الهندي(عفا الله عنه)
Demikianlah jawaban dari pertanyaan terkait undian ini. Semoga kita senantiasa menyandarkan urusan kepada Allah dalam setiap perkara.
و الله أعلم