Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebagian Hukum Fiqh Madzhab Imam Syafii Yang Terkait Dengan Udhiyyah





Yurifa Iqbal

Saat ini kita berada di bulan Dzulqadah 1441 H, in syaa Allah sebentar lagi kita kaum muslimin akan memasuki bulan Dzulhijjah. sebagaimana yang kita ketahui, dalam bulan Dzulhijjah terdapat hari raya umat Islam yakni Idul Adha dimana kaum muslimin akan melaksanakan ibadah qurban, berikut sebagian fiqih qurban ringkas yang dikutip dari kitab al-Majmu’ Syarh Al Muhadzdzab karya Imam an Nawawi رحمه الله

Hukum Qurban
المجموع شرح المهذب (7/29)

أما الأحكام فقال الشافعي والأصحاب التضحية سنة مؤكدة وشعار ظاهر ينبغي للقادر عليها المحافظة عليها ولا تجب بأصل الشرع.
adapun hukum udhiyah (berqurban), maka Imam Asy Syafii beserta murid-muridnya berpendapat sunnah muakkadah dan juga sebagai syiar yang tampak dimana orang yang mampu mesti menjaganya (qurban sunnah muakkadah) tersebut, dan hukumnya tidak wajib dalam pokok syariat

Apakah qurban dianjurkan juga bagi musafir?

المجموع شرح المهذب (7/30)

قال الشافعي رحمه الله في كتاب الضحايا من البويطي الأضحية سنة على كل من وجد السبيل من المسلمين من أهل المدائن والقرى وأهل السفر والحضر والحاج بمنى وغيرهم من كان معه هدي ومن لم يكن معه هدي.

Imam Asy Syafii moga Allah merahmatinya dalam kitab adh dhohaya dari al buwaithi berkata : berqurban hukumnya sunnah bagi setiap orang yang mendapati sarana dari kaum muslimin dari penduduk kota maupun penduduk desa, yang sedang safar maupun mukim, pada saat haji di Mina maupun selain mereka, bagi mereka yang membawa hewan hadyu maupun mereka yang tidak ada hewan hadyu

Hukum Qurban Untuk Sekeluarga?

المجموع شرح المهذب (7/30)
قال أصحابنا التضحية سنة على الكفاية في حق أهل البيت الواحد فإذا ضحى أحدهم حصل سنة التضحية في حقهم.

pendapat madzhab kami (madzhab Syafii), berqurban hukumnya sunnah yang akan mencukupi bagi satu keluarga, jika salah seorang dari mereka menyembelih qurban, maka keluarga tersebut mendapat pahala sunnah

Kapan mulai boleh Berqurban?

المجموع شرح المهذب(7/36)
مذهبنا أنه يدخل وقتها إذا طلعت الشمس يوم النحر ثم مضى قدر صلاة العيد وخطبتين كما سبق فإذا ذبح بعد هذا الوقت أجزأه سواء صلى الإمام أم لا وسواء صلى المضحي أم لا وسواء كان من أهل الأمصار أو من أهل القرى أو البوادي أو المسافرين وسواء ذبح الإمام ضحيته أم لا.

pendapat madzhab kami terkait waktu udhiyyah, sesungguhnya masuknya waktu udhiyyah adalah jika matahari terbit pada hari kesepuluh bulan Dzulhijjah kemudian berlalu waktu sholat idul adha dan 2 khutbah sebagaimana yang telah lewat, jika seseorang menyembelih qurban setelah waktu ini, maka hal tersebut mencukupinya, baik Imam sholat ied atau tidak, baik orang yang berqurban sholat ied atau tidak, baik dia orang kota, atau orang desa atau orang pedalaman atau musafir, baik Imam menyembelih hewan qurbannya ataupun tidak menyembelih

Bolehkah Berqurban Pada Malam Hari?

المجموع شرح المهذب (7/38)

مذهبنا جواز الذبح ليلا ونهارا في هذه الأيام جائز لكن يكره ليلا وبه قال أبو حنيفة وإسحاق وأبو ثور والجمهور وهو الأصح عن أحمد وقال مالك لا يجزئه الذبح ليلا بل يكون شاة لحم و هي رواية عن أحمد.
pendapat madzhab kami (syafii) adalah boleh menyembelih qurban pada malam hari dan siang hari di hari-hari yang dibolehkan menyembelih, akan tetapi makruh hukumnya menyembelih malam hari menurut pendapat Imam Abu Hanifah, Imam Ishaq, Imam abu tsaur, dan jumhur ulama, dan pendapat yang paling shohih dari Imam Ahmad, adapun Imam Malik berpendapat tidak mencukupi kurban pada malam hari bahkan hanya menjadi daging biasa saja, dan ini juga satu pendapat dari Imam Ahmad

والله أعلم.