Sekilas Sistem Ekonomi Islam
Yurifa Iqbal
Islam adalah agama yang Syariatnya mengatur seluruh aspek kehidupan, tidak terbatas hanya pada aspek ibadah dan akhlaq semata. Salah satu aspek yang menjadi ruang lingkup ajaran Islam adalah ekonomi. Dalam hal ini Islam memiliki aturan yang khas yang terkait dengan sistem ekonomi.
Di dalam kitab النظام الاقتصادي في الإسلام قواعد عامة خطوط عريضة karya الدكتور محمود عبد الهادي فاعور halaman 3 dijelaskan
النظام الاقتصادي في الإسلام هو الأحكام الشرعية التي تبين الحقوق والواجبات لكل فرد فيما يتعلق بحيازة الثروة والتصرف بها وكفاية حاجاته. فمن حيث هو نظام: هو مجموع الأحكام الشرعية المتعلقة بأفعال العباد في موضوعه. ومن حيث موضوعه أي الاقتصادي: هو تدبير شؤون المال تملكاً وتصرفاً.
Sistem ekonomi dalam Islam adalah hukum-hukum Syariah yang menjelaskan hak-hak dan kewajiban-kewajiban setiap individu yang terkait dengan penguasaan kekayaan, pengelolaannya, dan pemenuhan kebutuhan hajat individu. dan dari aspek nizham/sistem adalah sekumpulan hukum-hukum Syariah yang terkait dengan perbuatan-perbuatan hamba dalam suatu topik, dan dari aspek topik yaitu ekonomi adalah pengaturan urusan-urusan harta secara kepemilikan dan pengelolaan.
Kemudian dari segi asas sistem ekonomi Islam ini dijelaskan pada halaman 4 dan 5 sebagai berikut
أما من حيث أساسه الذي ينبثق منه، فالنظام الاقتصادي كغيره من أنظمة الإسلام، هو أحكام شرعية يثبت كونها حقاً، ويثبت وجوب أخذها بناءً على أنها أوامر ونواهٍ من الله تعالى، وبذلك فهي حق وما عداها باطل. فأساسه هو الحقيقة القطعية: لا إله إلا الله محمد رسول الله. وهي التي تعيِّن مصادر النظام التي تبين الحقـوق والواجبات والمصالح والمفاسد وكيفية تقرير أي منها. هذه المصادر هي القرآن والسنة، وإجماع الصحابة والقياس.
adapun dari aspek asas yang terpancar darinya, maka sistem ekonomi sebagaimana sistem-sistem lainnya dalam Islam, adalah hukum-hukum Syariah yang telah fix keberadaannya secara pasti, dan telah fix wajibnya mengambil hukum-hukum Syariah tersebut sesuai dengan perintah-perintah dan larangan-larangan dari Allah Ta'alaa, oleh karena itulah hukum-hukum Syariah itu adalah al haq dan apapun yang selain daripada itu adalah bathil. Maka asasnya adalah hakikat yang qath'i yaitu لا إله إلا الله محمد رسول الله. dan hakikat yang qath'i inilah yang menetapkan sumber-sumber nizham/sistem yang menjelaskan hak-hak dan kewajiban-kewajiban, berbagai kemashlahatan dan kerusakan, serta cara penentuan/penetapan. dan sumber-sumber ini adalah Al Qur'an, As Sunnah, Ijmak Sahabat, dan Qiyas.
والله أعلم