Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Bermain Catur Menurut 4 Madzhab



Yurifa Iqbal



Di dalam bahasa arab, permainan catur disebut dengan شطرنج, dan sebagai sebuah permainan, ternyata para fuqaha kaum muslimin telah membahasnya.
Adapun terkait hukum bermain catur ini, fuqaha tidaklah sama dalam menghukuminya, disana terdapat perbedaan pendapat atau ikhtilaf di kalangan fuqaha terkait hukum bermain catur ini.
Di dalam kitab الجامع لأحكام الفقه على المذاهب الأربعة karya syaikh 'Abdul Hakim Hamadah di halaman 459, dijelaskan hukum bermain catur menurut para fuqaha.


اللعب بالشطرنج

Bermain Catur
قال الجمهور (مالك و أحمد و أبو حنيفة) : بحرمة الشطرنج مثل حرمة النرد

Jumhur fuqaha yakni Imam Malik, Imam Ahmad, dan Imam Abu Hanifah berpendapat permainan catur hukumnya haram sebagaimana haramnya permainan dadu.

قال الشافعي : يكره اللعب بالشطرنج
Adapun Imam Syafii berpendapat permainan catur hukumnya makruh

قال ابن حجر : لم يثبت في تحريمه حديث صحيح و لا حسن. فالحكم على شطرنج قياسيا
Imam Ibnu Hajar berpendapat : tidak ada hadits shohih maupun hasan yang menetapkan haramnya catur, maka hukum atas permainan catur adalah dengan Qiyas

و من أباحه : أبو هريرة و ابن المسيب و ابن جبير، و قالوا : الأصل الإباحة بشرط :


* عدم الشغل عن واجب

* عدم القمار

* عدم مخالفة الشرع

adapun yang membolehkan catur adalah abu hurairah, ibnu musayyab, ibnu jabir, dan mereka berpendapat hukum asalnya adalah boleh dengan syarat

1. tidak menyibukkannya dari yang wajib

2. tidak adanya judi

3. tidak menyelisihi Syariat

sedangkan dalam kitab fiqh muqaranatil madzahib lainnya, yaitu kitab al fiqhu al islamiyyu wa adillatuhu karya syaikh doktor wahbah az zuhaili juga bisa kita jumpai pembahasan hukum bermain catur menurut fuqaha 4 madzhab, di kitab tersebut pada juz 3 halaman 572-573 tertulis :


الشطرنج: ويحرم عند الجمهور غير الشافعية أيضا الشطرنج، قال علي رضي الله عنه: الشطرنج من الميسر. ومر علي رضي الله عنه بقوم يلعبون الشطرنج، فقال: ما هذه التماثيل التي أنتم لها عاكفون؟

catur : catur haram hukumnya di sisi jumhur fuqaha (Al Hanafiyyah, Al Malikiyyah, Al Hanabilah) selain fuqaha Asy Syafiiyyah. telah berkata Ali semoga Allah meridhoinya : catur termasuk judi. dan Ali semoga Allah meridhoinya pernah melewati kaum yang sedang bermain catur, dan Ali berkata : patung-patung apa yang kalian kerumuni itu?

وقال الشافعية: يكره اللعب بالشطرنج، لأنه لعب لا ينتفع به في أمر الدين، ولا حاجة تدعو إليه، فكان تركه أولى. ولا يحرم، لأنه روي اللعب به عن ابن عباس وابن الزبير، وأبي هريرة، وسعيد بن المسيب رضي الله عنهم، إذ لم يرد نص بتحريمه، ولا هو في معنى المنصوص عليه، والأصل في الأشياء الإباحة. و قيل : فيه تشحيذ الخواطر، و تذكية الأفهام

adapun menurut fuqaha Asy Syafiiyyaah : permainan catur hukumnya makruh, karena catur merupakan permainan yang tidak bermanfaat dalam agama, dan tidak ada juga hajat yang menyeru untuk bermain catur, maka meninggalkan permainan catur lebih utama dan tidak haram, karena permainan catur ini diriwayatkan dari ibnu abbas dan ibnu zubair, abu hurairah, said bin musayyab, semoga Allah meridhoi mereka, jadi tidak ada nash yang datang yang nash tersebut mengharamkan catur, dan tidak pula atas makna yang telah diharamkan oleh nash, dan hukum asal benda adalah mubah (boleh). dan dikatakan dalam permainan catur bisa mempertajam pikiran dan menghidupkan pemahaman.

Demikianlah ikhtilaf para fuqaha dalam menghukumi permainan catur, mereka tentu menghukumi berdasarkan ilmu, bukan berdasarkan hawa nafsu. Semoga bermanfaat.


و الله أعلم