Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolehkah Seorang Musafir Yang Sedang Dalam Perjalanan Bermakmum Sholat Berjamaah Pada Orang Yang Mukim?

Yurifa Iqbal



dalam kitab al fiqhu alal madzahibil arbaah syaikh abdurrahman al juzairi menulisakan topik yang berjudul

*_اقتداء المسافر بالمقيم_*
*_musafir bermakmum kepada orang yang mukim_*

dalam kitab tersebut dituliskan
* من شروط القصر أن لا يقتدي المسافر الذي يقصر الصلاة بمقيم أو مسافر يتم الصلاة فإن فعل ذلك وجب عليه الإتمام، سواء اقتدى به في الوقت أو بعد خروج الوقت، باتفاق ثلاثة من الأئمة، وخالف الحنفية،
diantara syarat sholat yang diqashar adalah : seorang musafir yang mengqashar sholat tidak mengikuti (tidak bermakmum) dengan orang yang mukim atau dengan musafir lain yang itmam (menyempurnakan sholat), jika musafir tersebut mengikuti salah satu diantara keduanya, maka wajib bagi musafir yang mengqashar sholat tersebut untuk itmam (menyempurnakan sholat dan tidak mengqashar sholat) sama saja mengikuti atau bermakmum di waktunya atau sudah keluar waktunya, dimana hal ini disepakati oleh fuqaha al malikiyyah, asy syafiiyyah, dan al hanabilah. adapun madzhab al hanafiyyah memiliki pendapat yang berbeda

الحنفية قالوا: لا يجوز اقتداء المسافر بالمقيم إلا في الوقت، وعليه الإتمام حينئذ، لأن فرضه يتغير عند ذلك من اثنين لأربع، أما إذا خرج الوقت فلا يجوز له الاقتداء بالمقيم لأنه فرضه بعد خروج الوقت لا يتغير إلى أربع، لأنه استقر في ذمته ركعتين فقط، فلو اقتدى به بطلت صلاته، لأن القعدة الأولى حينئذ في حَق المسافر المقتدي فرض، وهي في حَق إمامه المقيم ليست كذلك، والواجب أن يكون الإمام أقوى حالا من المأموم في الوقت و بعده، أما اقتداء المقيم بالمسافر فيصح مطلقاً في الوقت وبعده، ويصلي معه ركعتين، فإذا سلم قام المأموم وكمل صلاته كالمسبوق بركعتين
fuqaha al hanafiyyah berpendapat tidak boleh seorang musafir bermakmum pada orang yang mukim kecuali di waktu sholat itu, dan dia harus menyempurnakan sholatnya (tidak boleh mengqashar). karena kewajibannya berubah dari sholat 2 rakaat menjadi 4 rakaat. adapun jika waktu sholat sudah habis, maka tidak boleh bermakmum kepada orang yang mukim, karena kewajiban sholatnya setelah habis waktunya tidak berubah menjadi 4 rakaat, dia tetap punya hutang 2 rakaat saja, jika dia tetap bermakmum pada orang yang mukim maka sholatnya batal, karena duduk tasyahud awal pada hak musafir yang bermakmum fardhu, sedangkan pada imam yg mukim tidak demikian. dan yang wajib adalah seorang imam lebih kuat posisinya dari makmum baik pada waktunya maupun setelah selesai waktunya. adapun bermakmumnya seorang mukim kepada musafir maka sah baik di waktunya maupun setelah selesai waktunya, orang yang mukim tadi sholat 2 rakaat bersama musafir, ketika musafir salam, maka orang yang mukim berdiri dan menyempurnakan sholatnya 2 rakaat lagi sebagaimana orang yang masbuq

ولا فرق في ذلك بين أن يدرك مع الإمام كل الصلاة أو بعضها حتى ولو أدرك التشهد الأخير، فإنه يتم، باتفاق، وخالف المالكية
dan tidak ada perbedaan dalam hal tersebut ketika dia mendapati imam sholat dari awal sampai salam atau sebagian sholat bahkan jika hanya mendapati tasyahud akhir saja, maka dia harus itmam menyempurnakan sholat dan tidak mengqashar yang disepakati oleh fuqaha al hanafiyyah, asy syafiiyyah, dan al hanabilah. adapun fuqaha al malikiyyah memiliki pandangan yang berbeda

المالكية قالوا: إذا لم يدرك المسافر مع الإمام المقيم ركعة كاملة، فلا يجب عليه الإتمام، بل يقصر لأن المأمومية لا تتحقق إلا بإدراك ركعة كاملة مع الإمام،
fuqaha malikiyyah berpendapat jika seorang musafir tidak mendapati satu rakaat yang sempurna bersama imam yang mukim, maka tidak wajib itmam bahkan dia mengqashar sholatnya, karena tidaklah terealisasi yang namanya kemakmuman kecuali seseorang mendapati satu rakaat yang sempurna bersama imam

ولا يكره اقتداء المسافر بالمقيم إلا عند المالكية، فإنهم يقولون: يكره، إلا إذا كان الإمام أفضل أو به ميزة.
dan tidaklah makruh seorang musafir bermakmum pada orang yang mukim kecuali bagi fuqaha al malikiyyah, al malikiyyah berpendapat makruh seorang musafir bermakmum pada orang yang mukim kecuali jika imam yang mukim itu adalah orang yang memiliki keutamaan dan karakteristik/ciri khas

والله أعلم

referensi kitab : al fiqhu alal madzahibil arbaah syaikh abdurrahman al juzairi halaman 260