بعض مسائل الفقه فيما يتعلق بالكلب Beberapa Masalah Fikih Yang Terkait Dengan Anjing
Yurifa Iqbal
dalam kitab al ighrab fii ahkamil kilab yang ditulis oleh Imam Ibnul Mabrid Al Hanbali ada banyak perkara fikih yang terkait dengan anjing, beberapa diantaranya :
1. sisa air yang ada dalam wadah yang sudah diminum anjing
سؤره - وهو إذا شرب من ماء- هل يكون طاهرا أم نجسا؟
sisa air dalam suatu wadah yaitu jika seekor anjing meminum air darinya apakah air tersebut tetap suci atau najis?
فإن كان أكثر من قلتين فهو طاهر و إن كان أقل من قلتين فهو نجس
maka jika air tersebut lebih dari dua qullah maka suci, adapun jika air tersebut lebih sedikit dari dua qullah maka najis
2. anjing yang meletakkan kaki atau ekornya dalam air
أن الكلب إذا وضع رجله أو ذنبه في ماء فحكمه حكم سؤره إن كان قلتين فأكثر لم تنجس، و إن كان دون القلتين تنجس
sesungguhnya anjing yang meletakkan kaki atau ekornya dalam air maka hukumnya sebagaimana hukum air yang tersisa dalam wadah (point 1), jika airnya ada dua qullah atau lebih maka tidak menjadi najis, adapun jika kurang dari dua qullah maka airnya menjadi najis
hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Imam Ibnu Qudamah dalam kitab Al Mughni juz 1 halaman 78
و لا فرق بين النجاسة من ولوغ الكلب أو يده أو رجله أو شعره أو غير ذلك من أجزائه لأن حكم كل جزء من أجزاء الحيوان حكم بقية أجزائه
tidak ada perbedaan najisnya jilatan anjing, atau tangannya, atau kakinya, atau bulunya, atau bagian lain dari tubuh anjing, karena hukum semua bagian dari bagian-bagian tubuh hewan adalah sama dengan hukum bagian tubuh lainnya
3. cara mensucikan najis anjing
نجاسة الكلب من ولوغه أو بوله أو دمه أو غير ذلك يغسل سبعا إحدهن بالتراب
najis anjing berupa jilatan, air seni, darah, atau yang lainnya dicuci sebanyak tujuh kali dan salah satunya dengan tanah
4. bulu anjing najis
أن شعر الكلب عندنا نجس
sungguh kami berpendapat (hanabilah) bulu anjing najis
و قال بعض الحنفية و الشافعية في الوجه الصحيح عندهم بنجاسته
sebagian fuqaha hanafiyyah dan syafiiyyah berpendapat bahwa bulu anjing najis dalam wajh shohih
5. kulit anjing najis
أن جلد الكلب عندنا نجس لا يطهر بالدباغ
sungguh kulit anjing dalam mazhab al hanabilah najis, tidak akan menjadi suci dengan disamak
6. susu anjing najis
أن لبن الكلب عندنا نجس و لا يجوز التداوي به
sungguh susu anjing najis dalam mazhab hanabilah dan tidak diperbolehkan berobat dengan susu anjing
صرح فقهاء الحنابلة بنجاسة الكلب و ما تولد منه و مما تولد منه لبنه كما صرحوا بتحريم التداوي بلبن الكلب لتحريمه لنجاسته
fuqaha hanabilah menyatakan najisnya anjing dan apa-apa yang terlahir dari anjing serta apa-apa yang tumbuh/lahir dari susu anjing, sebagaimana mereka menyatakan haramnya berobat dengan susu anjing karena najis dan haramnya anjing
7. haram makan anjing
يحرم أكل الكلب مطلقا، و في كلب الماء خلاف
secara mutlaq haram memakan anjing, adapun makan anjing yang hidup di air maka ada perbedaan pendapat
قال النووي في المجموع : لحم الكلب حرام عندنا و به قالت الأئمة بأسرها إلا رواية عن مالك في الجرو
telah berkata Imam An Nawawi dalam kitab Al Majmu' : daging anjing haram dalam mazhab Syafii dan hal itu adalah pendapat para imam fuqaha seluruhnya kecuali riwayat dari Imam Malik terkait anak anjing
adapun anjing air, hanabilah dan sebagian syafiiyyah berpendapat mubah, malikiyyah juga mubah namun disertai kemakruhan
adapun imam Ibnu Qudamah menukil dari Imam Abu Hanifah dan sebagian fuqaha syafiiyyah pendapat yang tidak membolehkan memakan anjing air
8. anjing haram masuk masjid
يحرم أن يدخل المسجد الكلب أو يوضع فيه و يجب إخراجه منه. لأنه يمنع الملائكة من الدخول
haram dan tidak diperbolehkan anjing memasuki masjid atau anjing itu diletakkan di dalam masjid, wajib mengusir anjing dari masjid karena anjing menghalangi malaikat untuk masuk
والله أعلم
referensi :
al ighrab fii ahkamil kalbi imam Ibnul Mabrid Al Hanbali halaman 273-275, 289, 318
al mughni imam ibnu qudamah juz 1 halaman 78